Sukses

Tanda-Tanda Pasangan Mengendalikan Anda, Pernah Merasa?

Tak melulu tindak agresif dan adanya kekerasan, mengendalikan juga mendominasi pasangan dapat terjadi dengan pendekatan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Membina dan mempertahankan hubungan asmara bukanlah perkara mudah. Dalam menjalani jalinan cinta, terkadang mereka tidak sadar telah mengendalikan pasangan sesuai kehendaknya.

Dilansir dari laman PinkVilla, Minggu, 7 Maret 2021, biasanya, tak sedikit yang membayangkan orang yang mengendalikan pasangan jadi agresif hingga bertindak kekerasan. Namun di sisi lain, orang-orang yang mendominasi tidak benar-benar menunjukkan perilaku seperti itu.

Mereka pandai menutupi perilaku dan akan menipu agar pasangan percaya. Lantas, apa saja tanda-tanda seseorang mengendalikan pasangannya? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Membuat Anda merasa bersalah

Mereka yang suka mengendalikan pasangan biasanya adalah manipulator yang ulung. Mereka dapat membuat Anda merasa bersalah, meskipun Anda tidak melakukan kesalahan apa pun.

Jika Anda, misalnya, memiliki pendapat yang berlawanan dengannya, mereka akan membuat Anda merasa menyesal. Selain itu, mereka juga akan menipu Anda agar percaya bahwa Andalah yang memiliki pendapat yang salah.

2. Memisahkan Anda dari keluarga Anda

Cara termudah bagi mereka untuk mendominasi dan mengontrol Anda adalah dengan meninggalkan Anda tanpa pendukung. Pasangan akan berusaha menjauhkan Anda dari keluarga dan teman-teman Anda dan akan mencuci otak Anda agar tidak menyukai orang yang Anda cintai.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Cemburu berlebihan

Ketika pasangan Anda cemburu, Anda mungkin awalnya merasa dicintai dan tersanjung. Tapi begitu cemburunya jadi berlebihan, itu mulai menjadi tidak sehat, menakutkan dan obsesif.

Jika Anda memiliki pasangan yang suka mengendalikan dan mendominasi, mereka akan menyalahkan Anda karena terlalu genit atau mengarahkan orang.

4. Membuat Anda merasa tidak berharga

Mereka akan terus-menerus membuat Anda merasa bahwa Anda tidak cukup. Mereka akan meremehkan pencapaian Anda dan akan membuat Anda merasa bodoh, konyol, dan tidak berharga.

3 dari 3 halaman

4 Zodiak Mudah Jatuh Cinta dengan Sahabat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.