Sukses

7 Tanda Anda Suka Mengendalikan Pasangan dalam Hubungan

Tanpa disadari, perilaku suka mengendalikan pasangan dapat berakibat buruk pada hubungan itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani hubungan dengan pasangan tak melulu bicara soal cinta. Ada beragam aspek penopang agar jalinan asmara dapat langgeng, bahkan hingga ke jenjang lebih serius.

Namun, terkadang, seseorang lupa telah bersikap kurang mendukung pasangan dan hubungan itu sendiri dalam perjalanannya. Sebut saja ketika Anda jadi orang yang begitu mengendalikan pasangan. Padahal, sikap ini berdampak buruk bagi kelangsungan jalinan cinta kalian.

Lantas, apa saja tanda-tanda Anda suka mengendalikan pasangan? Berikut rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Yourtango, Selasa, 17 November 2020.

1. Selalu mengkritik pasangan

Terkadang, niat dan anggapan untuk menuju lebih baik dapat bermakna terbalik dalam pelaksanaannya. Apa yang Anda anggap sebagai saran sederhana segera berubah bisa saja deretan masalah dalam hubungan kalian.

2. Membatasi pasangan dari keluarga dan teman

Anda merasa melakukan yang terbaik untuk pasangan Anda. Padahal, Anda menjauhkannya dari orang-orang yang dapat memberi dukungan dan pengertian, terutama karena Anda selalu mengkritik si dia.

3. Mengancam akan mengakhiri hubungan atau menyakiti diri sendiri

Lewat sikap mengendalikan pasangan ini, Anda membuat hubungan jadi bersyarat. Anda menetapkan ekspektasi yang tak realistis dengan mengakhiri hubungan saat segala sesuatunya tak berjalan sesuai keinginan Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Perhitungan

Pasangan Anda tak akan pernah bisa menang. Anda bahkan mengharapkannya membalas budi setelah Anda melakukan hal yang menurut Anda baik untuknya.

5. Terus-menerus membuat pasangan merasa bersalah

Tak ada yang ingin merasa bersalah karena membuat pasangannya merasa sedih, tapi itulah yang Anda lakukan dalam hubungan. Sebenarnya, Anda adalah manipulator ulung. Dengan melakukan ini, pasangan secara tak langsung tak memiliki kekuatan apa pun dalam hubungan tersebut.

3 dari 3 halaman

6. Terlalu cemburu

Sikap ini dapat berujung pada kecemburuan tak berdasar. Seperti ketika orang lain memuji pasangan Anda dan Anda tak terima hingga terlalu ingin tahu apa yang dilihat pasangan di media sosial. Hal ini tampak tak berbahaya pada awalnya, namun dapat jadi sesuatu yang menakutkan ke depannya.

7. Tidak pernah memberi pasangan waktu untuk sendiri

Anda menyedot kekuatan mereka dengan meminta menghabiskan semua waktu luang mereka dengan Anda. Hal ini berujung pasangan tidak dapat menikmati waktunya seorang diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.