Sukses

Mengulik Bagian Dalam Gedung Putih, Ada Bungker yang Tak Muncul di Peta Publik

Liputan6.com, Jakarta - Mengemban tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden akan tinggal di Gedung Putih selama empat tahun ke depan. Bangunan ini terletak di 1600 Pennsylvania Avenue di pusat kota Washington, DC, antara Departemen Keuangan AS dan Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower.

Dilansir dari laman Insider, Kamis (25/2/2021), Joe Biden secara resmi pindah ke Gedung Putih pada 20 Januari 2021 bersama istri, Jill Biden, dan dua anjing mereka, Major dan Champ. Gedung Putih terdiri tiga bagian yang terhubung, yakni Sayap Timur, Sayap Barat, dan Kediaman Eksekutif di bagian tengah.

Secara total, Gedung Putih memiliki 132 kamar, 35 kamar mandi, 412 pintu, dan 28 perapian. Gedung Executive Residence berlantai enam adalah yang terbesar di Gedung Putih.

Bangunan tersebut terdiri dari dua tingkat basement, lantai dasar tempat staf gedung bekerja, lantai negara bagian untuk acara dan resepsi, dan dua lantai tempat keluarga preseiden tinggal. Juga, terdapat Blue Room berbentuk oval yang digunakan presiden untuk menerima tamu secara resmi.

Seperti namanya, ruangan ini dihiasi pelapis, tirai, dan karpet biru, nuansa interior yang tak pernah berganti sejak 1837. Di sebelah kiri dan kanannya terdapat dua ruang untuk hiburan.

Sementara, ruangan dengan dinding merah cerah disebut Red Room. Sedangkan ruang tamu lainnya, dengan dinding hijau, disebut Green Room.

East Room adalah ruangan terbesar di Executive Residence yang digunakan untuk pidato, upacara, menggelar konser, resepsi, dan tarian. Ruang Makan Negara adalah tempat makan resmi, termasuk makan malam negara bagian. Ruangan ini bisa menampung sebanyak 140 tamu.

Lincoln Bedroom di Gedung Putih, berisi perabotan dari era Abraham Lincoln, adalah salah satu dari beberapa ruang tamu pribadi yang disediakan untuk keluarga di dua lantai teratas Executive Residence. Ruang Oval Kuning, terletak di atas Ruang Biru, berfungsi sebagai ruang tamu formal keluarga.

2 dari 4 halaman

Ruang Rekreasi hingga Oval Office

Di lantai paling atas adalah solarium, yang dijuluki "ruang tamu langit" oleh mantan Ibu Negara Grace Coolidge. Kamar ini memiliki jendela besar yang membuka ke arah balkon pribadi.

Di seluruh rumah, ada beberapa ruangan untuk rekreasi. Di bawah Portico Utara di ruang bawah tanah Executive Residence terdapat arena bowling satu jalur dan ruang bioskop membentang hampir sepanjang East Colonnade.

Di sini, presiden dan keluarga dapat menonton film apa pun yang mereka inginkan, kapan saja, bahkan sebelum tayang di bioskop. Sayap Timur adalah rumah bagi staf kantor sekretaris pribadi Gedung Putih, ibu negara, dan karyawannya masing-masing.

Meski tidak dikenali di peta publik Gedung Putih, ada bunker di bawah Sayap Timur, tempat para pejabat Gedung Putih berlindung selama 9/11. Bunker kedua terletak di bawah Lawn Utara.

Sayap Barat adalah tempat staf presiden bekerja. Properti ini berisi beberapa ruangan paling terkenal di Gedung Putih, di antaranya adalah Oval Office. Ini adalah ruang kerja formal presiden, tempat ia bertemu atau menerima telepon dari kepala negara, diplomat, dan stafnya.

Oval Office adalah rumah bagi resolute desk yang berasal dari tahun 1800-an dan beratnya lebih dari 453 kilogram (km). Ada juga beberapa lukisan, patung, dan dekorasi lain. Presiden mendekorasi kantor sesuai selera mereka.

Tepat di luar Oval Office adalah Taman Mawar yang digunakan untuk upacara khusus dan menyambut tamu terhormat. Ruang Kabinet adalah tempat presiden bertemu para menterinya.

Di ruang bawah tanah terdapat Situation Room, kompleks seluas 464 meter persegi tempat presiden menerima dukungan intelijen dan krisis yang dijalankan staf dari Dewan Keamanan Nasional. Beberapa kamar di atasnya, Angkatan Laut AS mengoperasikan restoran yang dikenal sebagai Navy Mess dan Ward Room.

Salah satu ruang di Sayap Barat yang paling banyak difoto adalah Ruang Pengarahan Pers James S. Brady tempat sekretaris pers Gedung Putih memberi keterangan pada para wartawan. Ruang Roosevelt sering digunakan untuk mengumumkan janji temu dan nominasi anggota staf baru.

Ruang ini menampilkan lukisan Theodore dan Franklin D. Roosevelt. Kantor wakil presiden juga terletak di Sayap Barat. Seperti Oval Office, ini terdiri dari meja dan area tempat duduk.

3 dari 4 halaman

Pelantikan Presiden AS Joe Biden & Wapres Kamala Harris.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: