Sukses

Manfaat Inhalasi Hidrogen yang Bisa Membantu Pemulihan Pasien Covid-19

Liputan6.com, Jakarta -  Beberapa waktu belakangan, berbagai laporan menunjukkan bahwa air hidrogen memiliki kualitas terapeutik dalam pengobatan kondisi paru-paru inflamasi kronis . Hal itu memungkinkan dapat membantu meringankan gejala paru-paru yang parah dari Covid-19.

Laporan tertulis ini dirangkum pada berbagai jurnal penelitian mengenai air hidrogen untuk bantu pemulihan pasien positif Covid-19. Salah satunya pada jurnal yang berjudul “An overview of SARS-CoV-2 (COVID-19) Infection and the Importance of Molecular Hydrogen as an Adjunctive Therapy” yang diterbitkan pada Juli 2020 di laman uwe-repository.worktribe.com, University of the West of England.

Ulasan penelitian tersebut ditulis oleh beberapa penulis, di antaranya Profesor John Hancock, Profesor Pensinyalan Sel, Departemen Falkutas Kesehatan dan Ilmu Terapan, University of the West of England; Tyler W. LeBaron, Pendiri dan Direktur Eksekutif Molecular Hydrogen Institute; dan David Veal, Dosen Utama Genetika, University of the West of England.

Dalam ulasan tersebut, penulis berpendapat bahwa air hidrogen dapat memberikan pengobatan tambahan yang efektif untuk penghirupan oksigen dalam pengobatan pasien Covid-19.

Para penulis menyatakan, gas hidrogen memiliki kualitas terapeutik dalam pengobatan kondisi peradangan kronis pada paru-paru dan memungkinkan penggunaannya dapat meringankan gejala paru-paru yang parah.

Penggunaan Inhalasi Hidrogen Dipaparkan Oleh Ahli Pandemi Tiongkok

Penggunaan inhalasi hidrogen dan oksigen untuk pemulihan pasien Covid-19 pun sudah dilakukan di beberapa rumah sakit Tiongkok. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Zhong Nanshan, Ahli Epidemologi dan Penasihat Medis Senior Covid-19 Pemerintah Tiongkok dalam wawancara dengan televisi berita Tiongkok, CGTN TV, April 2020.

Berdasarkan penelitian Journal of Thoracic Disease berjudul “Hydrogen/Oxygen mixed gas inhalation improves disease severity and dyspnea in patients with Coronavirus disease 2019 in a recent multicenter, open-label clinical trial” yang diterbitkan pada tahun 2020, menyatakan bahwa penghirupan hidrogen-oksigen cocok untuk meredakan dispnea dan gejala pernapasan lainnya pada pasien Covid-19.

Untuk mendapatkan air dan inhalasi hidrogen di Indonesia juga sangat mudah dilakukan. LiveWell Global perusahaan yang bergerak di bidang alat bantu kesehatan dan kecantikan, yang juga sebagai distributor Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler melakukan inovasi dengan menggunakan teknologi Proton Exchange Membrane pada mesin portabel hidrogennya, untuk menciptakan air mineral menjadi air dan gas berkandungan hidrogen tinggi.

“Selain untuk minum, Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler juga dapat digunakan sebagai inhaler hidrogen, dimana inhalasi hidrogen sudah banyak diteliti dapat membantu pemulihan penyakit termasuk pada pasien pandemi di Tiongkok,” tutur Leonardo Wiesan, pendiri LiveWell Global.

“Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler bisa menghasilkan kadar hidrogen mencapai 1500 ppb (parts per billion), sementara inhalasi hidrogen pada mesin kami bisa mencapai 4 juta ppb. Mesin ini kami buat di Korea Selatan dengan sertifikasi internasional yang lengkap. Sudah banyak konsumen kami yang merasakan manfaat minum dan inhalasi dari Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler,” tutur Leo.