Sukses

5 Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kunyit jadi salah satu rempah yang memiliki sederet manfaat. Kunyit juga dikenal dengan khasiat obat dan anti-inflamasinya yang kuat.

Dilansir dari laman PinkVilla, Selasa, 23 Februari 2021, senyawa aktif kunyit adalah kurkumin yang efektif melawan ragam penyakit. Kurkumin adalah antioksidan alami dan memberi kunyit warna kuning cerah. Kunyit juga tak jarang digunakan dalam masakan, pewarnaan kain, hingga kosmetik

Selain itu, ada pula sederet manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Meningkatkan imunitas

Kurkumin membantu melawan berbagai virus. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Anti-depresan

Kunyit efektif dalam meningkatkan suasana hati. Selain itu, kunyit juga mampu melawan depresi dengan meningkatkan produksi serotonin dan dopamin dan mengurangi kadar bahan kimia yang terkait dengan depresi.

2 dari 4 halaman

3. Meredakan Nyeri Sendi

Kurkumin dalam kunyit efektif dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan nyeri sendi. Kunyit juga bisa meredakan nyeri.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kunyit mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan sifat anti-inflamasi dari kunyit mengurangi peradangan. Selain itu, kunyit juga meningkatkan fungsi endotel dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Mencegah kanker

Kunyit dapat memengaruhi pertumbuhan, pembentukan, dan perkembangan sel kanker pada tingkat molekuler. Ini efektif dalam mengurangi risiko penyakit dan juga melawan efek karsinogen.

3 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: