Sukses

Cara Simpel agar Bisa Cepat Tidur ala Dokter

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari kita mungkin kesulitan untuk bisa tidur cepat di malam hari. Gulingkan badan ke sama kemari agar bisa segera terlelap tak juga membantu. Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya jadi insomnia.

Seorang dokter anak bernama Jessica Andrade baru-baru ini membagikan cara sederhana agar bisa tidur cepat. Lewat akun TikToknya, Dr. Jess, ia menyarankan agar memakai kaus kaki sebelum tidur untuk membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Dilansir dari laman Indian Express, Kamis, 18 Februari 2021, dokter yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat itu mengaku juga mempraktikkan cara tersebut setiap malam.

"Memakai kaus kaki membuat kaki menjadi hangat dan ini membuka pembuluh darah yang mendinginkan tubuh," ucap Andrade.

Ia menjelaskan penggunaan kaus kaki bisa menjaga tubuh tetap hangat sekaligus memberikan perbedaan suhu pada kaki saat tertidur di malam hari. 

"Tubuh menjadi dingin memberi tahu otak bahwa sudah waktunya tidur, jadi sebenarnya orang yang memakai kaus kaki cenderung lebih cepat tertidur," jelas dia.

2 dari 4 halaman

Merujuk Studi

Jess menjelaskan trik tersebut bukan tanpa dasar. Ie mengutipnya dari studi yang diterbitkan jurnal Physical Behavior pada 2006. Studi itu memperlajari dampak suhu terhadap kualitas tidur.

Meski penjelasan yang disampaikan ilmiah, sejumlah warganet menyangsikan tips yang dibagikan Jess. Beberapa orang mengaku merasa akan tidak bisa tidur bila harus mengenakan kaus kaki di malam hari.

"Saya tidak bisa bernapas jika saya memakai kaus kaki ke tempat tidur," tulis salah satu warganet. Anda sendiri pernah mencoba cara ini? (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

3 Manfaat Tidur untuk Pencegahan Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: