Sukses

Ini Langkah Mudah Buat Taman di Balkon Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi, beberapa orang mengeluti hobi. Mulai dari budidaya flora dan fauna. Salah satu yang menarik perhatian adalah hobi menanam bahkan hobi tersebut digeluti lintas generasi. Ada banyak manfaat yang bisa didapat saat menanam tanaman. Mulai dari membersihkan udara hingga meredakan stres.

Namun, tantangannya ialah memiliki space untuk bercocok tanam. Pasalnya, lahan yang semakin sempit membuat seseorang harus memutar balik otak agar bisa menyalurkan hobinya tersebut.

Tidak melulu di depan rumah, kamu bisa manfaatkan balkon rumah untuk dijadikan taman. Nah, berikut desain taman yang bisa dibuat di atap rumah.

Bahan-bahan

Setidaknya, kamu memiliki 1x2 meter persegi lahan untuk dijadikan taman atau lebih. Lalu, kamu perlu menyiapkan kayu keras tahan cuaca dengan harapan bertahan hingga 30 tahun, kotak tanaman yang dibuat khusus, rumput hias Jepang, dan bambu serta beberapa tumbuhan bonsai yang menarik.

Buat penyangga

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasang dek menggunakan sistem alas, yang memungkinkan air mengalir ke saluran pembuangan. Agar sistem saluran pembuangan berjalan dengan baik, dek perlu diberi ruang sekitar 3 cm pada bagian sisinya. Hubungkan jalur pembuangan air ini dengan lubang drainase yang langsung menuju ke bawah.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam membuat taman di atap rumah adalah dengan memasangkan lapisan kain pada bagian bawah pot. Hal ini dilakukan agar saat tanaman disiram, tanah pada pot tidak ikut keluar dan mengotori dek serta bagian rumah yang lain.

Tanaman

Setelah semua siap, proses selanjutnya adalah dengan memberi tanaman pada pot yang sudah tersedia. Rumput Jepang yang halus, serta pohon bonsai yang bentuknya unik menjadi beberapa pilihan tanaman yang bisa dipakai untuk menghiasi taman atap Anda.

Saat semua selesai, Anda perlu memberikan pencahayaan yang baik untuk tanaman, agar tetap terlihat indah di malam hari. Setelah itu, Anda bisa menikmati indahnya taman tanpa harus dipusingkan dengan lahan yang terbatas.

Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut kamu bisa membelinya di paltform atau e-Commerce yang terbaik. Jangan lupa menyiapkan budget untuk membeli bahan-bahan tersebut. yuk, mulai aja dulu.

 

(*)