Sukses

Rayakan Hari Gizi Nasional, Andien Ajak Warganet Kembali ke Makanan Kampung

Apa alasan Andien mengajak warganet kembali ke makanan kampung di peringatan Hari Gizi Nasional?

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi Andien kerap mengampanyekan gaya hidup sehat. Dari olahraga hingga pola makan, semuanya diulas dan diunggah ibu dua anak itu lewat akun media sosial, termasuk saat ia mengangkat isu makanan kampung di Hari Gizi Nasional yang jatuh pada hari ini, Senin (25/1/2021).

Pelantun lagu Gemintang itu mengaku sempat menganggap makanan yang bergizi itu tidak keren, apalagi makanan kampung. Ia baru merasa kena batunya setelah mengidap tumor payudara saat masih duduk di kelas 2 SMA.

Andien saat itu merasa kaget karena tak ada riwayat di keluarganya yang pernah mengidap tumor ataupun kanker. "Dokter bilang kemungkinan besar karena pola makan," tulisnya di akun Instagramnya.

Sejak itu, ia berusaha mengubah gaya hidupnya, terutama mengubah pola pikir tentang gaya hidup sehat. Ia mengaku harus belajar setiap hari agar bisa memiliki kebiasaan baru secara konsisten.

"Semakin ke sini, aku semakin jatuh cinta sama makanan-makanan lokal yang (ternyata) kaya manfaat," sambung dia seraya membagikan beberapa potret isi piringnya yang terdiri makanan-makanan lokal.

Beberapa makanan yang diunggah adalah tumis oncom dikombinasikan dengan brokoli selada tomat; tahu tempe yang ditambah urap, kacang ijo goreng, dan tauge kangkung kecipir; hingga sayur lodeh dan orek tempe.

"Aku jadi bersyukur banget di Indonesia sarat akan budaya kuliner yang luar biasa bernutrisi gini," ucap Andien sambil mengajak warganet untuk memperbanyak makanan kampung di piring masing-masing.

Kenapa ia menyebutnya sebagai makanan kampung? "That’s what I thought before. Mewakili generasi usiaku pada saat decades ago yang merasa kayaknya nggak keren kalo makan oncom, misalnya. But now, I dont mind at all dan malahan bangga dengan makanan yang dulu menurutku kayaknya enggak banget itu," jelas Andien.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganti Beras dengan Jali-Jali

Cerita isi piring Andien bukan hanya dibagikan pada saat peringatan Hari Gizi Nasional. Jauh sebelum itu, ia kerap mengunggah menu makanan sehatnya di Instagram.

Salah satu yang sering dipromosikan adalah barley alias jali-jali. Ia menjadikan sumber karbohidrat pengganti beras putih untuk seluruh anggota keluarga rumahnya. Selayaknya beras, jali-jali itu juga kerap disantap dengan berbagai lauk dan sayur.

Satu waktu, ia mengolah barley jadi semacam bubur kacang hijau. Menurut Andien, rasanya tak kalah enak dengan tambahan susu almond dan gula merah.

Andien juga tak pelit informasi kepada para pengikutnya. Salah satunya tentang minyak bekatul yang digunakannya untuk menumis atau menggoreng.

"Wow nice info mb. Langsung gugling, beneran ada. Thank you mbandien," komentar salah satu warganet.

3 dari 3 halaman

Kiat Makan Sehat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.