Sukses

Jasa Pengawalan Naik Sepeda, Usaha Unik Milik Presenter Crystal Oceanie

Usaha milik Crystal Oceanie ini memberikan jasa keamanan maupun fotografi untuk pada pesepeda di Jakarta dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu olahraga atau kegiatan yang banyak dilakukan selama pandemi Corona Covid-19 adalah bersepeda atau gowes. Sepeda seakan menjadi gaya hidup baru yang cocok dengan situasi saat ini, yaitu kebutuhan jaga jarak atau social distancing.

Situasi tersebut ternyata juga memunculkan ide usaha yang cukup unik dan menarik. Maraknya jumlah pesepeda di jalanan membuat angka kriminalitas meningkat. Banyak begal yang mengincar pemilik sepeda, apalagi kini banyak sepeda mahal bahkan seharga motor atau mobil.

Situasi tersebut memunculkan geliat usaha baru. Salah satu pelaku usaha yang menggarap pasar pesepeda adalah Garda Local Security. Mereka memberikan jasa keamanan maupun fotografi untuk para pesepeda, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

"Aku memang hobi naik sepeda dan beberapa temen aku punya pengalaman kurang mengenakkan, mereka kecurian waktu naik sepeda. Dari situ muncul ide buat bikin usaha pengawalan pesepeda. Aku jalanin usaha ini bareng partner aku dan baru dimulai bulan November kemarin," ungkap Crystal Ocenie, salah seorang pemilik Garda Local pada Liputan6.com, Senin (21/12/2020).

"Kita memberikan jasa dan beberapa fasilitas, antara lain staf keamanan yang menggunakan sepeda motor, back-up emergency ambulance, back-up evacuation car untuk dua pesepeda, dan fotografi. Jumlah pengawal, fasilitas dan harganya bergantung pada paket yang dipilih," sambungnya.

Crystal menambahkan, Garda Local menawarkan tiga paket yaitu paket Safe seharga Rp600 ribu, paket Guard seharga Rp1,5 juta, dan paket VVIP dengan tarif Rp3 juta, dengan waktu penyewaan maksimal empat jam.

Untuk jasa fotografi harganya di luar tarif tersebut. Khusus paket VVIP, Anda juga akan dikawal satu orang polisi Brigade Motor (BM). Sejauh ini sambutannya cukup bagus, dan Crystal bahkan berencana membuka jasa pengawalan sepeda khusus di kawasan BSD, Tangerang. Meski begitu, presenter program Status Selebritis di SCTV ini mengakui ada pro-kontra seputar usaha barunya ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Lebih Aman Naik Sepeda

"Pasti ada aja yang nggak suka, biasalah warganet kan ada aja yang protes. Tapi sejauh ini sambutannya cukup bagus. Banyak yang suka karena merasa lebih aman kalau lagi naik sepeda," ucapnya.

Untuk menyewa jasa pengawalan ini, Anda bisa menghubungi admin akun Instagram Garda Local atau melalui nomor WA yang tertera di akun Instagram mereka, @gardalocal. Pemesanan harus dilakukan dua hari sebelumnya. Waktu penyewaan dimulai dari pukul 5 pagi sampai pukul 6 sore,  Di luar waktu tersebut, seperti di malam hari, juga bisa dilayani dengan tarif khusus.

"Sesuai waktu umum orang gowes, biasanya paling banyak sih pagi ya, sore kadang ada, dan kalo siang biasanya kosong. Kita lebih banyak dapat pesanan di hari biasa, kalau weekend agak banyak di hari Sabtu, kalau Minggu justru agak kurang karena memang biasanya banyak orang bersepeda di hari Minggu," tutur Crystal.

Selain usaha pengawalan pesepeda, wanita kelahiran 31 tahun lalu ini juga punya usaha obat herbal, Crystal Body Slimming yang sudah dijalaninya sejak tahun lalu.

3 dari 3 halaman

10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.