Sukses

Tren Gaya Hidup 2021 Versi Pinterest, Serba Alami dan Bikin Kreasi Sendiri

Pinterest menjabarkan sejumlah prediksi tren gaya hidup yang bakal naik pada 2021, mulai dari perawatan wajah hingga cara mendidik anak.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2020 akan berakhir dalam dua pekan lagi. Menjelang 2021, sejumlah platform meluncurkan prediksi tentang apa yang akan jadi hits di 2021. Pinterest termasuk di antaranya yang baru saja melansir prediksi tren gaya hidup 2021.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Pinterest mencatat lebih dari 400 juta di seluruh dunia, menggunakan platform tersebut setiap bulan untuk menemukan ide-ide baru tentang gaya hidup. Pada 2020, orang-orang memanfaatkan platform pencarian visual itu mendapatkan panduan dan inspirasi selama menjalani kehidupan di masa pandemi Covid-19.

Mereka menganalisis beragam hal yang diprediksi akan menjadi hal besar pada 2021. Prediksi tren gaya hidup itu terbagi dalam beberapa kategori. Simak detailnya di bawah ini.

1. Kesejahteraan

Orang-orang makin menjadikan waktu tidur sebagai momen untuk memanjakan diri. Mereka memberi perhatian pada setiap detail yang bisa menciptakan tidur makin berkualitas. Pinterest menemukan pencarian terkait informasi olahraga sebelum tidur meningkat tiga kali setiap tahunnya, salah satunya yoga tidur yang meningkat 90 persen dari tahun sebelumnya.

Ada pula pencarian informasi tentang aromaterapi diffuser untuk tidur yang meningkat 80 persen. Satu lagi adalah soal pakaian tidur sutra yang meningkat 60 persen.

2. Kecantikan

Perawatan wajah alami dan minimalis diprediksi akan menarik banyak perhatian ke depan. Begitu pula dengan makeup minimalis. Makeup minimalis baru ini berarti pengaplikasiannya simpel tetapi mampu bertahan lama.

Perawatan kecantikan alami juga bakal naik di 2021 yang diindikasikan lewat tingginya pencarian soal makeup natural sehari-hari yang meningkat 180 persen. Ada pula kecenderungan orang untuk membuat produk perawatan kulit sendiri yang ditandai dengan peningkatan pencarian sebesar 110 persen.

Kulit cerah rupanya masih jadi idaman, yang diindikasikan dengan pencarian tentang cara mencerahkan kulit alami meningkat empat kali lipat. Terakhir, adalah meningkatnya pencarian tentang latihan yoga wajah yang meningkat empat kali lipat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Fashion

Tren membuat kreasi sendiri juga muncul dari kategori fesyen. Generasi Z diyakini makin percaya diri mengekspresikan dirinya lewat busana buatan sendiri, mulai dari lukisan di denim hingga sweater kustom.

Di samping itu, peningkatan pencarian informasi tentang ide lukisan jeans meningkat tiga kali lipat, merombak baju meningkat enam kali lipat, mengkustom hoodie meningkat sampai 130 persen, dan mendesain totebag meningkat 115 persen. Hal itu sejalan dengan prediksi Chairman IFC Ali Charisma beberapa waktu lalu yang menyebut jasa repairment dan upcycle busana akan banyak diminati di masa depan.

4. Menata Rumah

Pinterest menyebut rak dapur menjadi galeri baru. Dapur kembali menjadi sentral perhatian di rumah meski mungkin orang sudah lebih leluasa ke luar rumah. Orang-orang diyakini akan mengoleksi dan membeli peralatan makan cantik, mulai dari gelas berwarna hingga piring tanah liat buatan tangan.

Hal itu terlihat dari peningkatan pencarian informasi dekorasi rak dinding dapur mencapai 130 persen, informasi tentang gelas berwarna meningkat 135 persen, dan piring tanah liat meningkat 105 persen. Yang menonjol lainnya adalah pencarian peralatan masak tembaga yang meningkat 35 persen.

5. Makanan

Seiring dengan menjadikan dapur sebagai pusat perhatian di rumah, orang-orang juga kembali ke dapur sendiri untuk berkreasi dengan masakan. Pencarian informasi tentang seni membuat roti meningkat 130 persen, begitu pula dengan penataan makanan di atas piring yang meningkat 105 persen dan hiasan makanan yang meningkat 55 persen. Seolah-olah, orang berlomba menampilkan hidangan restoran di rumah sendiri.

3 dari 4 halaman

6. Perjalanan

Sesuai prediksi banyak orang, perjalanan akan didominasi keinginan kembali ke alam. Orang-orang akan merencanakan liburan ke taman nasional, menyewa kabin di tengah hutan, dan bekerja jarak jauh agar bisa menjelajahi alam bebas. Hal itu berdasarkan tingkat pencarian jelajah alam estetik yang naik 80 persen, ladang bunga liar naik 165 persen, hingga melihat bintang bersama pasangan yang meningkat 165 persen.

7. Pengasuhan Anak

Lagi-lagi alam yang akan menjadi pilihan. Bumi disebut menjadi taman bermain baru yang mendorong orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka melindungi bumi sambil tetap bersenang-senang.

Pada 2021, orangtua akan menghibur anak-anak sembari mendidik dan membuat karya seni dengan apa pun yang sudah ada. Hal itu terlihat dari peningkatan pencarian dari tahun ke tahun untuk proyek pendidikan seni yang meningkat 35 persen, edukasi luar ruang meningkai 85 persen, mainan kardus naik 85 persen, dan seni serutan pensil untuk anak-anak yang bertambah 115 persen.

4 dari 4 halaman

Kunci Hadapi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.