Sukses

4 Hal yang Harus Diketahui untuk Punya Hubungan Sehat dan Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola dan mempertahankan hubungan cinta memang bukan perkara mudah. Setiap pasangan tentu tiada henti berupaya agar ikatan mereka hangat dan memiliki hubungan sehat serta bahagia.

Untuk mewujudkan hubungan sehat, pasangan dapat menempuh beragam cara. Satu di antaranya bagaimana Anda dan pasangan dapat saling mengetahui atau mempunyai kemampuan menangani konflik yang terjadi.

Lantas, apa saja hal yang perlu diketahui agar hubungan sehat dan bahagia Anda dan pasangan dapat terwujud? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Selasa, 1 Desember 2020, berikut.

1. Mendengarkan

Ini jadi salah satu kunci dalam menjaga keeratan hubungan Anda dan pasangan. Dengarkan pasangan dengan semua perhatian Anda sembari mengatasi masalah yang ada.

Mendengarkan pasangan akan lebih mudah baginya untuk menjelaskan yang terjadi. Tentu, hal tersebut jadi bagian terpenting dalam menyelesaikan masalah.

2. Bersikap tegas

Apa pun yang terjadi di pikiran Anda, sampaikan perasaan itu dengan cara positif. Jangan kasar, agresif, atau sarkastik. Cukup beri tahu pasangan Anda tentang kebutuhan Anda dengan cara yang bijaksana.

 
2 dari 4 halaman

3. Mencari solusi

Saat saling mendengarkan kebutuhan dan sudut pandang satu sama lain, cobalah mencari solusi. Bila itu semacam kesalahpahaman, permintaan maaf saja akan menyelesaikan masalah.

Namun, jika ini adalah masalah serius, di mana Anda harus menemukan solusi lebih kompleks, cobalah untuk sampai pada titik di mana Anda berdua setuju satu sama lain. Sebagai pasangan, kalian mungkin perlu sedikit menyesuaikan diri dalam kondisi seperti ini.

4. Ketahui perasaan Anda

Sebelum berbicara dengan pasangan, kenali perasaan Anda dengan baik. Anda mungkin tak tahu alasan sebenarnya dari kemarahan Anda, jadi cobalah untuk menemukannya terlebih dahulu.

Mungkin ada beberapa alasan lain atas emosi Anda. Jadi, menemukan alasan dan menerimanya akan membantu Anda menenangkan, serta menemukan cara menyelesaikan konflik.

3 dari 4 halaman

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: