Sukses

6 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui Publik

Daun kelor kaya manfaat yang berguna untuk kesehatan. Berikut enam di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyak tanaman, kelor salah satu yang sering dikaitkan dengan mitos. Tanaman itu sering disebut sebagai pengusir makhluk halus, bahkan jin.

Di luar mitos tersebut, daun kelor dikonsumsi banyak orang, seperti warga di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Daun kelor sering jadi salah satu bahan untuk membuat sayur sejak lama. 

"Hampir semua kita ini orang Jeneponto sangat gemar makan sayur daun kelor. Itu sudah jadi kebiasaan turun-temurun dari nenek-nenek kami," ujar Herman, seperti dikutip dari kanal Regional Liputan6.com.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah khasiat mengonsumsi daun kelor. Selain mengandung vitamin A, daun kelor juga sarat vitamin E yang berguna untuk kesehatan kulit.

1. Cegah Kulit Kering dan Bersisik

Daun kelor dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik. Hal itu terjadi karena vitamin E yang terdapat di dalam daun kelor membantu melembapkan kulit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengatasi Jerawat

Daun kelor bisa digunakan sebagai masker untuk mendinginkan kulit yang mengalami jerawat meradang. Hal itu karena kelor memiliki sifat antiinlamasi.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Berkat kandungan antioksidannya, daun kelor dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan itu pula yang membuat daun dan kulit batang kelor diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Mengatasi Diabetes

Konsumsi  ekstrak daun kelor secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes. Asam klorogenik yang terdapat di dalam daun kelor sangat baik untuk menjadikan gula darah stabil.

3 dari 3 halaman

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi daun kelor dapat menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat daun kelor yang lain adalah membantu menjaga kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah dengan daun kelor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.