Sukses

Menikmati Es Ganja di Yogya, Segar dan Tak Bakal Ditangkap Polisi

Liputan6.com, Jakarta -  Ada banyak hal unik dan menarik dari Yogyakarta, termasuk soal kuliner. Salah satunya, ada minuman bernama Es Ganja dan ijual di gerobak. Tapi tunggu dulu, jangan keburu terkejut karena Es Ganja ini tidak menggunakan ganja sungguhan yang tentunya terlarang di Indonesia.

Es Ganja adalah singkatan dari es degan gula jawa. Hal itu diketahui dari unggahan pemilik akun @voilajogja di TikTok dan Instagram pada 17 Oktober 2020. Akun ini memang banyak mengunggah berbagai tempat kuliner dan terkadang tempat wisata menarik di Yogyakarta.

Dalam video tersebut diungkapkan kalau Es Ganja ini sebenarnya adalah es kelapa muda yang menggunakan gula jawa sebagai pelengkapnya. Jadi, saat menikmati minuman ini Anda tak perlu takut jadi junkies atau ditangkap polisi.

Minuman ini sangat pas diminum saat cuaca terik melanda. Minuman ini memakai air kelapa murni. Daging kelapa yang digunakan juga terlihat cukup banyak, sehingga Anda bisa mengganjal perut lapar dengan segelas Es Ganja ini.

Berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, kecamatan Danureja, Yogyakarta, kehadiran Es Ganja ini cukup mencuri perhatian. Dengan gerobak yang didominasi warna hijau dan berdiri di pinggir jalan, tampilan lapak ini cukup menarik perhatian dan membuat banyak orang penasaran.

Pemilihan nama Es Ganja memang sengaja dibuat agar berbeda dengan minuman air kelapa lainnya. Unggahan tersebut juga ramai dikomentari warganet terutama karena namanya yang unik. "Wah, es ganja-nya halal," komentar seorang warganet.

Harganya juga terjangkau. Satu porsi Es Ganja hanya dibanderol seharga Rp5 ribu. Sementara untuk ukuran besar ditambah gula jawa harganya Rp12 ribu. Pilihannya pun beragam, mulai dari porsi gelas hingga seukuran buah utuh.

2 dari 3 halaman

Bisa Pakai Gula Putih atau Sirup

 

Kalau Anda tak terlalu suka gula jawa, bisa pilih menggunakan gula putih atau sirup. Kedai Es Ganja buka setiap hari mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Selain es ganja, sebelumnya ada nasi goreng murah seharga Rp5 ribu yang sempat viral dan dibagikan oleh akun TikTok @tesyamo. Melalui unggahannya tersebut, sang pemilik akun menceritakan pengalamannya membeli satu porsi nasi goreng dengan harga murah meriah.

Nasi goreng tersebut ternyata ada di warung bernama 'Nasi Goreng 212'. Warung yang terletak di kawasan Selokan Mataram, Sleman, tersebut sepertinya terkenal menjual aneka nasi goreng dengan harga yang sangat murah, Kuliner unik lainnya adalah Es Teler Durian ‘Sperma’ yang sempat ramai di bulan puasa lalu.

Kedai es ini menggelitik perhatian ini sebenarnya tidak ada kaitan dengan penyajian makanan atau minuman. Kata ‘Sperma’ ternyata merupakan singkatan dari ide kreatif pendiri, yaitu ‘Super Mak Nyuuuss’. Berlokasi di Jalan Perumnas, Seturan, Yogyakarta, pedagang es ini juga menyajikan pilihan es cendol durian.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: