Sukses

Begini Sejarah Lukumades, Donat Asal Yunani yang Lagi Viral di Indonesia

Lukumades si donat Yunani dianggap sebagai salah satu makanan pencuci mulut tertua di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Camilan Loukoumades, atau dikenal sebagai Lukumades di Indonesia baru-baru ini kembali diincar masyarakat. Pasalnya, donat goreng lembut dengan berbagai varian saus ini dapat ditemukan di salah satu cabang gerai Lukumades, di Aeon Mall, BSD City, Tangerang, setelah sebelumnya merek Lukumades terkenal di Australia.

Loukoumade merupakan kudapan manis, berupa adonan donat yang digoreng, lalu dicelupkan ke dalam sirup madu dan ditaburi gula halus, mengutip iFood TV, Sabtu (17/10/2020). Sumber mengatakan bahwa camilan ini berasal dari era Yunani kuno.

Rasanya manis dari balutan madu dan teksturnya yang lembut  dibuat seukuran satu gigitan agar mudah dinikmati. Donat Yunani ini secara tradisional disajikan dengan cara direndam dalam sirup madu panas, ditaburi kayu manis, dan dihiasi dengan kenari cincang atau biji wijen panggang.

Kudapan ini juga dianggap sebagai salah satu kudapan pencuci mulut tertua di dunia. Di masa Yunani kuno, kue ini disajikan pada para pemenang Olimpiade Yunani.

Seiring berjalanan waktu, resep donat goreng ini pun semakin berkembang dan menyebar ke negara lain seperti Persia dan Mesir. Sementara itu, di Turki, camilan ini dijuluki Lokma, dikenal dengan Lokmades di Sipriot, serta dinamai Luqmat al-qadi di Persia.

Untuk membuatnya pun ternyata tidak sulit dan dapat dilakukan dengan bahan sederhana dari rumah. Melansir mygreekdish.com, berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan dan Cara Membuat

Bahan-Bahan

Adonan Lukumades:

240ml air hangat

240ml susu cair hangat

15gr ragi kering aktif

450gr tepung terigu

2 sdm gula pasir

1 sdt garam

4 sdm minyak zaitun

Minyak untuk menggoreng

Hiasan:

350gr madu

Kayu manis bubuk

Kacang walnut cincang (kasar)

Saus Cokelat:

200gr dark chocolate, dicincang

110ml air

75gr gula halus

 

Cara Membuat

  1. Dalam mangkuk pengaduk tambahkan air dan ragi. Aduk dengan garpu dan tunggu selama 5 menit hingga ragi larut sepenuhnya. Ke dalam mangkuk yang sama, tambahkan sisa bahan untuk adonan dan kocok dengan kecepatan tinggi (selama kurang lebih 2 menit) hingga adonan menjadi adonan halus. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan adonan di tempat hangat selama minimal 1 jam agar mengembang.
  2. Ke dalam wajan berukuran sedang, tuangkan minyak sayur secukupnya untuk menggoreng adonan. Panaskan minyak dengan api besar hingga mulai menggelembung.
  3. Celupkan satu sendok makan ke dalam air dan sendokkan sebagian adonan ke dalam minyak panas. Ulangi prosedur ini hingga adonan yang digoreng susuai dengan kapasitas wajan. Anda harus mencelupkan sendok ke dalam air setiap saat, agar adonan tidak menempel di atasnya.
  4. Saat Lukumades digoreng, rajinlah membalikkan sisi kue, sampai berwarna cokelat keemasan. Lalu, tempatkan di atas kertas dapur untuk mengeringkan minyak dari adonan yang telah digoreng.
  5. Setelah selesai, letakkan Lukumades di piring besar, tuangkan madu yang sudah dipanaskan sesuai selera, dan taburi dengan kayu manis bubuk dan potongan kacang walnut.
  6. Jika Anda ingin menggunakan cokelat, ganti madu dengan saus cokelat. Untuk menyiapkan saus cokelat, tambahkan gula halus dan air dalam panci, lalu didihkan. Didihkan selama 1-2 menit sambil terus diaduk hingga gula larut. Tambahkan coklat (cincang) dan aduk terus sampai cokelat meleleh dan campurannya halus.
  7. Tuang cokelat hangat di atas Lukumades, taburi dengan kacang walnut atau almond cincang dan siap untuk disajikan.
  8. Anda juga dapat menggunakan saus lainnya sesuai dengan selera Anda, seperti matcha, selai kacang, cookies & cream, dan lainnya.(Brigitta Valencia Bellion)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.