Sukses

Kemenparekraf Gandeng 11 Influencer Promosikan Destinasi Wisata Berbasis CHSE

Tiga kota jadi destinasi wisata yang dikunjungi para influencer di tahap pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Trip of Wonders. Pelaksanannya bermaksud mempublikasikan destinasi wisata di Indonesia yang telah menerapkan protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE). Sebelas influencer digandeng dalam kegiatan tersebut.

Trip of Wonders dilaksanakan di enam destinasi wisata di Indonesia secara bertahap. Tahap pertama dilaksanakan pada 4--12 Oktober 2020 di tiga kota, yaitu Bogor, Bintan, dan Yogyakarta.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya, menyebut bahwa hampir seluruh destinasi wisata di Indonesia telah menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE. Namun, perlu ada kerja sama dengan stakeholder terkait untuk mempublikasikan penerapan protokol kesehatan di destinasi tersebut.

"Oleh karena itu, Kemenparekraf menginisiasi kegiatan Trip of Wonders yang merupakan program familiarization trip untuk mengenalkan dan mempublikasikan destinasi pariwisata di Indonesia, khususnya destinasi yang sudah siap dalam menerapkan protokol kesehatan, dengan menggandeng key opinion leader Tanah Air," kata Nia di Jakarta, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 15 Oktober 2020.

Kesebelas influencer yang merupakan travel blogger adalah Cindy Lauw, Patricia Ranieta, Mario Caesar, Dimas Ramadhan, Yuki Anggia, Debi Sagita, Eka Situmorang, Kelsey Vaughne, Zacka Mega, Veronika Desi, dan Aggie. Mereka diharapkan mengunggah materi publikasi yang memperlihatkan penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata ke media sosial.

Sejumlah tagar pun disertakan, yakni #TripofWonders #WonderfulIndonesia, #DiIndonesiaAja, dan #FromIndonesiaWithLove. "Hal ini perlu dilakukan supaya wisatawan mengetahui mana saja destinasi wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik," katanya lagi.

Nia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung kembali ke destinasi wisata di Indonesia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Para Influencer

Kegiatan Trip of Wonders diawali di Bogor. Para influencer diajak treking ke Curug Leuwi Hejo, berkeliling di Taman Budaya Sentul, eksplorasi Kebun Raya Cibodas, dan Taman Safari Indonesia.

Selanjutnya, mereka bertandang ke Bintan. Para travel blogger itu diajak mengeksplor Bintan Mangrove, snorkeling dan canoeing di White Sands Island, hingga melakukan olahraga air di Treasure Bay.

Kemudian, destinasi terakhir adalah Yogyakarta. Para key opinion leader diajak VW tour ke desa wisata Karanganyar, membatik di Omah Kecebong, eksplorasi Gumuk Pasir Parangkusumo dan ladang bunga matahari, lalu terakhir menikmati sunset di Candi Ratu Boko.

"Selama melakukan kegiatan Trip of Wonders, para peserta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik, mulai dari mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, kemudian pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, serta menjaga jarak," kata Nia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.