Sukses

L'Oreal Tembus Daftar 10 Perusahaan Terbaik Dunia dari Sisi Keberagaman dan Inklusi

Liputan6.com, Jakarta - L'Oreal menambah daftar pencapaian di 2020. Perusahaan kecantikan itu dinobatkan sebagai salah satu dari 10 perusahaan terbaik di dunia oleh Refinitiv Diversity & Inclusion Index, pemberi peringkat pada 100 organisasi terbaik secara global di antara lebih dari sembilan ribu perusahaan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, L'Oreal berada di peringkat enam. Raihan tersebut adalah peringkat tertinggi perusahaan dalam Diversity & Inclusion, usai menempati posisi 12 pada 2019.

Adapun perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam peringkat itu telah dievaluasi terlebih dahulu secara ekstensif menurut beragam kriteria. Refinitiv memberi penilaian berdasarkan 24 indikator Diversity & Inclusion. Penilaiannya dibagi jadi empat pilar utama, yakni keberagaman, inklusi, pengembangan masyarakat, dan kontroversi berita.

"L'Oreal punya komitmen mendalam terhadap diversity and inclusion, terutama dalam 15 tahun terakhir di setiap tingkat organisasi kami," kata Jean-Claude Le Grand, Executive Vice-President Human Relations L’Oreal.

Jean melanjutkan, pengakuan atas upaya pihaknya dalam bentuk peringkat secara global kian mendorong dan menginspirasi. Hal tersebut krusial untuk mempercepat kemajuan pada area penting dalam berbisnis seperti sekarang.

"Kami meyakini bahwa diversity and inclusion memiliki peran esensial dalam mencapai kesuksesan, serta kunci untuk mempertahankan semangat inovasi kami," tambahnya.

Refinitiv Index menilai diversity dengan mengevaluasi kesetaraan gender dan keragaman budaya pada manajemen dan pemimpin perusahaan, serta tujuan, juga inisiatif yang dilakukan terkait keberagaman. Dukungan terhadap kesetaraan gender itu ditunjukkan L'Oreal lewat kesetaraan gaji di seluruh grup.

2 dari 3 halaman

Perihal Inklusi

Terkait inklusi, L'Oreal menghargai penyandang disabilitas melalui beragam program, termasuk aksesibilitas, sourcing, rekrutmen, dan pelatihan, serta seminar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Strategi Diversity & Inclusion L’Oreal adalah bagian penting dari kebijakan grup soal hak asasi manusia yang diterbitkan pada 2017.

"Sebagai perusahaan kecantikan nomor satu di dunia, kami tentu sangat mendukung kesetaraan gender dan peran wanita mengembangkan kariernya melalui berbagai program," kata Restu Widiati, HR Director L’Oreal Indonesia.

Ia melanjutkan, hal itu tercermin lewat pencapaian kesetaraan gender di L'Oreal Indonesia. Pihaknya memiliki 43 persen karyawan perempuan dari total angkatan kerja perusahaan, di mana 47 persen berada di level manajerial.

"Lebih lanjut, 54 persen anggota Komite Manajemen di L'Oreal Indonesia adalah wanita dan mereka memegang posisi penting di perusahaan," katanya.

Perusahaan memberi kebijakan yang ramah perempuan maupun lingkungan kerja inklusif melalui 16 minggu maternity leave, 10 hari paternity leave, hingga pengadaan fasilitas daycare dan ruang menyusui. Soal Inklusi, L'Oreal Indonesia memiliki berbagai program mencakup rekrutmen, pelatihan, kampanye guna meningkatkan kesadaran masyarakat, dan fasilitas kantor yang ramah disabilitas.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: