Sukses

Tur Gedung Putih Buka Lagi Usai Berhenti 6 Bulan

Pembukaan kembali tur Gedung Putih akan menerapkan beberapa peraturan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 telah menghentikan beragam aktivitas dari banyak sektor. Perlahan, fasilitas untuk publik satu per satu dibuka kembali, salah satunya tur Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari laman CNN, Kamis (3/9/2020), tur Gedung Putih akan kembali dilanjutkan mulai Sabtu, 12 September 2020, setelah sebelumnya tutup selama enam bulan. Kabar ini diumumkan kantor Ibu Negara AS Melania Trump, Selasa, 2 September 2020.

"Untuk memastikan keselamatan dan kesehatan semua pengunjung, telah diterapkan kebijakan baru yang sejalan dengan panduan yang dikeluarkan oleh pejabat Federal, Negara Bagian, dan lokal," demikian bunyi pernyataan dari kantor Ibu Negara.

Kebijakan tersebut meliputi masker perlu dikenakan bagi mereka yang berusia di atas dua tahun. Lalu, besar grup akan dibatasi hingga 18 persen dari kapasitas normal.

Peserta tur Gedung Putih juga akan diminta untuk menerapkan jaga jarak aman. Bukan lima hari, tetapi tur akan berlangsung selama dua hari saja dalam seminggu, yakni pada Jumat dan Sabtu.

Dilansir dari laman resmi White House, tur akan digelar dari pukul 8.00--11.00. Lalu, titik menjaga jarak akan ditempatkan di bagian bawah untuk tamu selama proses check-in.

Layanan Taman Nasional, Petugas Dinas Rahasia AS, dan staf Kantor Pengunjung yang bekerja di rute tur akan mengenakan penutup wajah, sarung tangan, dan mendorong jarak sosial saat berinteraksi dengan tamu di kompleks. Hand sanitizer juga disediakan di banyak lokasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasib Museum Lain

Pembukaan kembali tur Gedung Putih terjadi saat pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump berusaha kembali membuka Negeri Paman Sam. Banyak museum di area DC tetap tutup.

Namun Smithsonian's National Zoo yang sebagian besar berada di luar ruangan dan lokasi National Air and Space Museum di Virginia terbuka untuk umum. Sedangkan, Gedung US Capitol tetap ditutup untuk tur saat ini.

Tur Gedung Putih harus terhenti pada 12 Maret 2020 lalu karena pandemi corona mulai menyebar di seantero Amerika. Karena itu, tur harus ditutup untuk sementara waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.