Sukses

4 Trik Mengatur Perabotan di Ruang Tamu Berukuran Kecil

Memerhatikan perabotan apa yang cocok juga jadi salah satu triknya.

Liputan6.com, Jakarta - Menyiasati ruang tamu berukuran kecil untuk terlihat lebih luas tentu bisa dilakukan dengan berbagai trik. Satu di antara sekian banyak adalah cara Anda menata perabotan yang umumnya ada di ruangan tersebut.

Peralatan yang dimaksud bisa berupa tempat duduk dengan berbagai macam formasi, entah hanya sofa, beberapa kursi, maupun kombinasi keduanya. Ada pula rak dan meja.

Menurut Brightside yang dilansir Sabtu, 4 Juli 2020, harmonisasi perabotan ini jadi satu trik mudah untuk menimbulkan kesan lapang di ruang tamu. Berikut beberapa trik untuk Anda sontek.

1. Layout 2 Poin Vokal

Pengaturan ini, seusai namanya, berorientasi pada dua poin vokal. Berarti, Anda harus mengorganisir ruang tamu dengan semua komponen bisa diakses dengan mudah. Vokal poin yang dimaksud umumnya berupa kursi dan jendela.

Bagi ruang tamu berukuran kecil, mulai dengan menempatkan barang besar, seperti sofa menghadap satu sisi. Lalu, atur sisa perabotan yang mengarah pada sisi lain, jangan berhadapan dengan sofa lagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berdasarkan Peletakkan Meja

Desain letter U ini bisa diadopsi ke ruang tamu berukuran kecil bila perabotan berukuran cenderung kecil. Trik ini memastikan setiap orang yang duduk punya akses ke meja.

Anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan dua hingga empat kursi berpadan dua meja kecil di antara mereka, dan masih bisa ditambah satu meja kopi. Opsi ini dinilai tepat bagi Anda yang suka menerima tamu dalam jumlah cukup banyak.

3 dari 4 halaman

3. Rancangan dengan Kesan Terbuka

Bila ruang tamu Anda berkesan terbuka, tapi Anda punya sedikit ruang, tatanan ini dinilai sangat cocok. Ide besarnya adalah memisahkan ruang secara fungsi.

Jadi, Anda bisa menambahkan sofa letter L, bahkan sofa besar tunggal yang umumnya dimanfaatkan di ruang tamu berukuran mini. Tambahan kursi dan meja kopi pun dinilai masih cukup tepat di pengaturan ini.

4 dari 4 halaman

4. Manfaatkan Tatanan Letter L

Pemanfaatan sudut bisa jadi salah satu trik menyiasai tampilan ruang tamu berukuran kecil. Orientasi letter L dalam mengatur perabotan dipercaya tak memakan cukup banyak ruang.

Di samping, masih membuat tamu nyaman saat singgah. Meja samping dan meja kopi jadi komponen yang menunjang penting keseluruhan pengaturan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.