Sukses

Desain Kamar Simpel dan Instagramable dengan Bahan Serba Murah

Liputan6.com, Jakarta -  Belakangan ini cukup banyak ruangan kamar tidur dibuat dengan desain yang sangat kreatif. Saking kreatifnya, sampai-sampai ruangan kamar tersebut dijuluki dengan istilah Instagramable.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain kamar yang menarik dan estetis. Salah satunya tata letak seperti ranjang hingga sudut-sudut di kamar. Selain diperlukan ide yang kreatif, faktor biaya juga tak bisa diabaikan.

Tetapi, membuat desain kamar yang menarik tak selalu harus mengeluarkan banyak biaya. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan yang murah.

Hal itu dilakukan oleh 'Rasa Kopi', pemilik akun Twitter @Fa_Roky. Baru-baru ini ia membagikan unggahan tentang cara membuat kamar dengan tampilan estetis dengan menggunakan barang-barang sisa. Ia sendiri tinggal di kamar kos ukuran 3x4 meter dengan kamar mandi di dalam.

Biaya kos bulanannya sekitar Rp500 ribu, gratis biaya listrik, air dan WiFi. Kalau dilihat dari cuitannya, ia tinggal di Purworejo, Jawa Tengah. Kamarnya yang semula terlihat terlihat seperti kamar kos biasa, diubahnya menjadi lebih nyaman dan tentunya membuat pemiliknya betah berada di kamar.

Langkah-langkahnya diterangkan dengan cukup simpel, jelas dan bisa diikuti oleh siapa saja. Ia sepertinya cukup menguasai bidang desain interior dan menuliskan menerima jasa konsultasi desain dan punya usaha kecil-kecilan di bidang furnitur. Berikut proses bagaimana 'Rasa Kopi' makeover kamar tidurnya.

1. Membuat Desain

Sebelum makeover kamarnya, ia membuat desain kamar terlebih dahulu. Ia memilih desain minimalis dengan warna yang netral.

"Sebelum mulai projek ini gw desain dulu (render asal2an) yg penting tampak wujudnya," tulisnya.

2 dari 6 halaman

2. Pengecatan

Setelah membuat desain, kemudian memasuki tahap pengecatan. Ia memilih warna putih dan abu-abu.

Ia juga mengaku menggunakan cat sisa proyek untuk menekan anggaran. Tak hanya tembok, ia juga mengubah warna kusen dan pintu dengan warna hitam.

3 dari 6 halaman

3. Pengisian Furnitur

Ia menggunakan furnitur yang dibuatnya sendiri. Mulai dari kabinet untuk baju yang sekaligus berfungsi sebagai meja aksesori.

"Masih tetep manfaatin bahan2 sisa, ini cabinet yg gw gunakan buat nyimpen baju," tulisnya. Ia juga membuat kabinet kecil yang difungsikan sebagai night stand yang dibuatnya dari bahan sisa proyek kitchen set.

4 dari 6 halaman

4. Membuat Gorden Handmade

Untuk gordennya, ia menggunakan kain meteran warna senada dan membawanya ke tukang obras untuk merapikannya. "Tirai ini gw pake meteran bahan celana hahaha, kan biar irit," ujarnya.

5 dari 6 halaman

5. Pernak-pernik Estetis

Ia menggunakan kaca bulat yang besar yang menempel pada dinding, frame untuk foto dan tumbuhan indoor di dalam pot kecil. Tampilan ini membuat kamar 'Rasa Kopi' terlihat lebih menarik dan Instagramable.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: