Sukses

Sepatu Kolaborasi untuk Berjuang Bersama Teman Eks Kusta di Singkawang

Konsep sepatu ini lahir dari sebuah gagasan untuk meningkatkan kepercayaan diri para pekerja mantan pengidap kusta.

Liputan6.com, Jakarta Brodo berkolaborasi bersama Sepatokimin yang diinisiasi oleh Footwear Forum Indonesia dalam satu platform activity berjudul “Simpul” Tergerak. Dari situ terciptalah sepatu Vantage Eco Print Edition.

Konsep ini lahir dari sebuah gagasan untuk meningkatkan kepercayaan diri para pekerja mantan pengidap penyakit kusta. Sepatu ini dikerjakan oleh perajin lokal dengan menggunakan material kanvas eco-print yang dibuat oleh warga desa Liposos di Singkawang, Kalimantan Barat.

Dengan bahan dan proses produksi yang tidak menghasilkan limbah berbahaya, hal ini menyehatkan teman-teman di Liposos dan tentunya bumi kita.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dan laman resmi mereka, karya-karya berupa bahan eco print, dan merchandise olahan lainnya dijual dan hasilnya dikembalikan kepada warga untuk lebih berdaya.

Salah satunya adalah Pak Tokimin, seorang teknisi prostetik di RS Kusta Alverno yang berhasil dibiayai untuk belajar membuat sepatu di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia.

Harapannya, Pak Tokimin dapat terus berkarya melalui Bengkel Tangkas dan menyebarkan keahliannya pada teman sejawat, bahkan saat kebutuhan prostetik sedang kosong.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melawan Stigma Negatif

Selain itu gerakan ini juga mempunyai Ruang Terampil untuk melakukan pelatihan bagi warga mantan penderita kusta di Pakunam yang sebagian besar adalah petani.

Mereka membagikan teknik membuat motif ecoprint yang lebih mudah dipraktekkan bagi warga Pakunam. Motif eco print inilah yang dipakai dalam kolaborasi bersama Brodo ini.. Melalui pembelian Vantage Eco Print ini Anda sudah berkontribusi dalam melawan stigma negatif sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi warga eks-pasien kusta di desa Liposos.

Keuntungan dari pembelian sepatu ini akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dasar warga dan program pembinaan keterampilan eco-print yang berkelanjutan. Anda bisa memiliki sebuah desain dari material alam

“Vantage Eco Print Edition” yang terdiri dari dua varian Hi dan LoPembelian “Vantage Eco Print” dapat dilakukan di https://bro.do/ dan infromasi terkait kolaborasi ini yang bisa diakses di akun media sosial @bro.do, @sepatokimin dan @footwearforumid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.