Sukses

20 Aturan Baru bagi Tamu Hotel di Spanyol, dari Pulpen Umum hingga Pakaian Dalam

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Spanyol menyiapkan sejumlah aturan menyambut normal baru akibat pandemi corona COVID-19. Aturan tersebut harus diikuti, baik oleh petugas hotel maupun para tamu bila mereka menghendaki industri pariwisata kembali beroperasi.

Terdapat setidaknya 20 poin yang diatur dalam regulasi tersebut. Semuanya disusun sedetail mungkin agar Spanyol bisa menghindari wabah corona gelombang kedua, apalagi negara itu mencatat 27.321 kematian akibat COVID-19.

Selain itu, pemerintah setempat per hari ini, Jumat (15/5/2020), juga mewajibkan mereka yang datang dari luar negeri untuk menjalani dua minggu karantina mandiri. Apa saja aturan yang harus diperhatikan? Berikut detailnya seperti dikutip dari The Sun, Jumat (15/5/2020).

1. Tamu hotel harus melewati keset disinfektan setiba di lobi untuk membersihkan alas kaki.

2. Pemberlakuan pembatasan jarak sosial di seluruh area hotel, termasuk di area penerimaan dengan tanda berdiri berjarak aman. Dengan begitu, diprediksi antreaan akan lebih panjang saat check-in.

3. Bila Anda mengendarai mobil, tidak akan ada lagi layanan valet. Begitu pula bila menginginkan koper dibawa ke kamar, semua barang akan dilap dan didisinfeksi terlebih dulu.

4. Tidak akan ada jabat tangan atau pelukan antara klien maupun staf hotel, tak peduli Anda sudah jadi tamu reguler ataupun baru.

5. Saat menandatangani berkas di meja resepsi, Anda tak akan bisa meminjam pulpen staf hotel. Bila itu terjadi, pulpen tersebut harus disinfektan sepanjang waktu.

2 dari 4 halaman

Aturan di Lift sampai Handuk Hotel

6. Anda hanya bisa menggunakan lift dengan anggota keluarga terdekat. Bila ada orang asing, Anda wajib menggunakan masker.

7. Staf hotel akan selalu menggunakan alat pelindung diri, masker, dan sarung tangan yang akan diganti dalam beberapa kali. Seragam staf dicuci setiap hari dan pakaian dinas mereka juga harus dimasukkan dalam tas tertutup. Seluruh barang pribadi, mulai dari ponsel hingga kacamata, akan didisinfeksi.

8. Anda tidak bisa tinggal di kamar saat tengah dibersihkan petugas yang menggunakan masker dan sarung tangan.

9. Hotel harus menyediakan gel disinfektan dan fasilitas mencuci tangan di setiap tempat.

10. Tamu tak bisa lagi menaruh pakaian dan handuk kotor di lantai, melainkan disimpan dalam kantung tertutup sebelum dikumpulkan petugas kebersihan yang akan memasukkannya kembali ke dalam tas tertutup kedua. Aturan yang sama juga berlaku bagi pakaian dalam demi menjaga higienitas.

11. Toilet umum di hotel juga akan dibersihkan dan didisinfeksi setidaknya enam kali per hari. Handuk tebal akan digantikan dengan tisu kertas sekali pakai.

12. Anda tidak bisa sembarangan meminjamkan atau memberi buku pada teman liburan. Kecuali, semuanya didisinfeksi secara tepat, bahan bacaan itu akan dikarantina dulu selama seminggu.

3 dari 4 halaman

Proses Disinfeksi hingga Fasilitas Golf

13. Semua barang di dalam ruangan akan disinfeksi seluruhnya, mulai dari perabot kamar mandi hingga telepon, lampu, dan sikat toilet.

14. Mini bar akan dihilangkan sepenuhnya dari kamar tamu, kecuali hotel bisa semprot disinfektan secara menyeluruh setelah tamu pulang. Perabot yang tidak penting akan dihilangkan, seperti karpet dan gambar karena dikhawatirkan menyebarkan kuman.

15. Pembayaran di hotel dilakukan via kartu atau alat elektronik lain. Uang tunai tak akan diterima.

16. Setiap kali keluar hotel, tamu harus meninggalkan kunci kamar di resepsi karena akan didisinfeksi.

17. Jangan susah payah mencari garam, merica, maupun minyak di restoran. Bahan-bahan itu tidak akan tersedia lagi. Para tamu juga tidak bisa lagi berinteraksi dengan tamu lain karena kini harus duduk berjauhan.

18. Layanan setrika akan dibatasi, bahkan ditiadakan. Sementara, selimut dan bantal yang tidak digunakan akan disimpan dalam kantung tertutup. Sedangkan, pengering rambut akan didisinfeksi secara rutin.

19. Layanan pusat kebugaran akan menerapkan standar higienis yang ketat, dengan jeda waktu signifikan antar-kelas. Angkat beban, bola fitnes, dumbel, dan peralatan lain juga bisa ditiadakan bila hotel tak bisa menjamin kebersihannya.

20. Saat bermain golf, permainan akan sangat berbeda, setiap pemain harus mendisinfeksi bola golf miliknya, tidak boleh berbagi buggy, dan tidak boleh menyentuh bendera sehingga akan tetap di lubangnya sepanjang waktu.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Unik, Potret Kompakan Baju Lebaran Ala Netizen