Sukses

Keindahan Danau Sentani di Papua yang Kembali Menarik Perhatian

Danau Sentani tak hanya kaya akan keindahan alam, tetapi juga menyimpan sejarah panjang yang penting bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Danau Sentani Jayapura, Papua, kembali menjadi perhatian saat pesawat milik Mission Aviation Fellowships (MAF) jatuh di danau tersebut, Selasa, 12 Mei 2020. Pilot yang menerbangkan pesawat nahas itu adalah Joyce Lin, berkebangsaan Amerika Serikat.

Terlepas peristiwa tersebut, Danau Sentani merupakan salah satu destinasi yang tak kalah indah dengan danau-danau lain yang ada di Tanah Air. Letaknya di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Danau Sentani memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

Selain menyuguhkan keberagaman alam, danau yang berada di wilayah Jayapura ini juga memiliki bukit yang indah bernama Bukit Teletubbies. Mereka yang berkunjung ke tempat ini tak akan melewatkan keindahan matahari terbenam (sunset), momen yang banyak ditunggu-tunggu wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung ke danau ini  pun bisa menikmati keindahan bukit itu dengan naik ke Tugu MacArthur dan melihat panorama hijau pepohonan dari atas bukit. Legenda Perang Dunia kenamaan Amerika, Jenderal MacArthur disebut pernah tinggal di Danau Sentani.

Tak hanya pesona alamnya, Danau Sentani juga memiliki kekayaan sejarah lainnya. Balai Arkeologi Papua dalam penelitian di perairan Danau Sentani bagian barat, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua sempat menemukan tiang rumah prasejarah, beberapa tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

22 Pulau

Keindahan Danau Sentani juga diapit oleh 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Wisatawan dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu wisata yang disewakan untuk menikmati keeksotisan panorama Danau Sentani.

Wisatawan juga bisa berenang, memancing, menyelam, ski air, dan wisata kuliner di kawasan danau. Dari 22 pulau, Pulau Asei salah satu yang cukup terkenal.

Di sana, mereka dapat membeli kerajinan tangan khas Papua. Beberapa di antaranya Noken, tas Papua yang telah mendunia, suvenir kulit kayu yang dengan berbagai motif, batik Papua, t-shirt motif Papua, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini