Sukses

Inovasi Bilik Tes Swab Corona Covid-19 untuk Bantu Lindungi Para Tenaga Kesehatan

Bilik tes Swab hasil kolaborasi SCG Indonesia dengan para dokter ini didesain untuk memastikan keamanan, kebersihan, kenyaman, serta menyesuaikan kebutuhan rumah sakit dan tenaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - SCG mendonasikan dua unit screening chamber atau bilik tes Swab corona Covid-19 untuk RSAU dr. Esnawan Antariksa dan RS. St. Carolus. Solusi ini diberi guna meminimalkan kontak langsung sehingga dapat menghindari penularan virus corona baru dari pasien ke para tenaga kesehatan (nakes).

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, bilik Swab hasil kolaborasi dengan para dokter ini didesain untuk memastikan keamanan, kebersihan, kenyaman, serta menyesuaikan kebutuhan rumah sakit dan nakes.

Menurut data WHO, nakes terpapar corona Covid-19 mencapai lebih dari 22 ribu kasus di 52 negara di dunia, serta lebih dari 170 nakes positif Covid-19 di Jakarta per April 2020. Angka itulah yang mendorong SCG menciptakan inovasi untuk melindungi nakes di masa pandemi.

"Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, inovasi ini akan meningkatkan kinerja kami dalam mendiagnosis pasien sekaligus memberi rasa aman bagi kami. Hal ini sangatlah dibutuhkan mengingat tingginya persentase penularan dari pasien pada tenaga kesehatan," ujar dr. Endrotomo Sumargono, Direktur RS St. Carolus.

Maka itu, pihaknya sangat mengapreasiasi niat baik dan solusi inovatif dari SCG. "Kami juga senang bahwa SCG melibatkan kami untuk bersama-sama mengembangkan desain dan membuat inovasi ini sesuai kebutuhan kami,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain Bilik Tes Swab

Bilik tes Swab ini memiliki konsep desain pre-fabricated yang mudah dimobilisasi, dibersihkan, dan tak membutuhkan proses produksi yang lama, yaitu hanya dua hari kerja untuk satu buah unit.

Unit bilik Swab SCG dibuat dengan konsep, desain, material, dan metode pemasangan yang memastikan jaminan kualitas unit, serta menunjang kinerja dokter, juga nakes lain.

SCG menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah, yaitu hollow steel structure, agar terjamin kokoh. Juga, demi menunjang sirkulasi udara yang baik, unit dilengkapi exhaust fan. Bahan acrylic juga dipilih untuk memastikan penyerapan lebih baik.

"Banyak hal yang jadi penyebab penularan Covid-19 terhadap tenaga medis. Salah satu yang paling utama adalah faktor keamanan. Kami berterima kasih pada SCG atas inovasi bilik Swab ini yang sangat kami harapkan dapat membantu meminimalisir penularan virus dari pasien pada tenaga medis," tutur dr. Berlian Arja Mukti, Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.