Sukses

4 Bahan Makanan yang Bisa Ditanam Selama Pandemi Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi corona Covid-19, stok bahan makanan dan bumbu masakan terkadang susah ditemui di supermarket ataupun pasar. Kalaupun ada, terkadang harganya lebih tinggi dari biasanya karena banyak yang membeli dalam jumlah banyak.

Karena itu, kita pun harus berhemat dalam menggunakan bahan makanan dan bumbu masakan tersebut. Sebenarnya, beberapa bahan makanan dan bumbu masakan bisa ditanam di rumah bahkan di dalam ruangan. Jadi, Anda tidak perlu takut kehabisan stok bahan makanan. Hal ini juga bisa meminimalisir Anda untuk keluar rumah.

Dilansir dari laman Misskyra, setidaknya ada empat bahan dan bumbu makanan yang bisa Anda tanam sendiri di rumah dengan mudah dan tumbuh dengan cepat.

Basil

Basil biasa dipakai sebagai bumbu penyedap rasa. Untuk menanam basil di dalam ruangan, Anda perlu mengumpulkan beberapa batang dan memotongnya menjadi 10 sampai 15 sentimeter.

Lalu, lepaskan daun bagian bawah dan tinggalkan beberapa daun bagian atas. Setelah itu, letakkan daun bagian atas dalam gelas yang setengah penuh air di bawah matahari dan ganti air setiap dua hari sekali.

Ketika akarnya mencapai sekitar 2 sentimeter, Anda harus memindahkan tanaman basil ke pot yang lebih besar karena akan membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh.

Bawang putih

Bawang putih termasuk bahan makana yang banyak dipakai dalam masakan Indonesia. Tanaman bawang putih tumbuh dari umbi. Anda hanya perlu mengeluarkan siung dalam wadah gelas dengan air. Bawang putih kemudian akan mulai tumbuh dalam beberapa hari.

2 dari 3 halaman

Daun Mint

Untuk menanam daun mint, Anda hanya perlu menyiapkan tiga pasang tangkai daun mint. Potong pendek dan cukup sisakan daun bawah dan kemudian meninggalkan beberapa daun atas.

Lalu, pindahkan daun atas ke pot besar dengan lubang kecil di bagian bawah karena tanaman tersebut membutuhkan tanah dan banyak air. Tanah Anda harus selalu lembab agar mint bisa tumbuh.

Daun bawang

Untuk daun bawang, Anda hanya mengambil bagian putih dari daun bawang dan beberapa batang lalu memasukkannya ke dalam gelas. Tutupi dengan sekitar 2,5 sentimeter air dan diamkan di bawah sinar matahari.

Pastikan juga Anda mengganti air setiap hari. Lalu, tanaman Anda akan memiliki beberapa daun bawang baru hanya dalam beberapa hari. Selamat mencoba.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: