Sukses

Lagi Musim Hujan, Ini Cara Memilih Perabotan Rumah Tangga yang Tahan Banjir

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih perabotan rumah tangga agar lebih awet dan tangguh menghadapi banjir.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang kerap membasahi daerah Jakarta dan kota-kota lain membuat rumah tangga yang tempat tinggalnya langganan banjir memang bikin was-was. Namun banjir sekarang tak hanya melanda kawasan itu saja, daerah dekat proyek pembangunan, daerah dengan saluran air yang tidak lancar hingga air yang keluar dari bawah tanah atau mata air juga bisa membuat banjir.

Kalau dibiarkan berlarut-larut tentu akan merusak perabotan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih perabotan rumah tangga agar lebih awet dan tangguh menghadapi banjir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Material Kayu Jati dan Plywood

Material kayu memang rentan mengalami kerusakan jika terendam air terus menerus. Namun, jika tetap ingin memilih perabot dari kayu, maka pilihlah jenis kayu jati yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap air, terlebih jika permukaannya dilapisi oleh cat kedap air.

Selain jati, kayu plywood juga bisa menjadi pilihan untuk perabotan lemari, meja, kursi, dan ranjang. Tekstur permukaan plywood halus dan memiliki kerapatan yang kuat membuatnya tahan terhadap air. Plywood umumnya dilapisi kulit kayu jati, kayu sungkai, dan kulit nyatoh. Pastikan juga kayu plywood diberi lapisan pelindung seperti cat duco atau lapisan tahan air lainnya agar lebih tangguh hadapi banjir.

 

3 dari 4 halaman

2. Material Stainless Steel

Furniture berbahan besi stainless steel juga tahan terhadap gempuran air hujan. Anda bisa menggunakannya pada meja makan atau tempat tidur. Untuk menjaga permukaan furnitur tahan lama dan tidak mudah rusak, beri lapisan pelindung tahan air atau waterproofing khusus.

3. Material Plastik dan Alumunium

Material selanjutnya yang bisa tahan terhadap air adalah plastik dan alumunium. Anda bisa menggunakan pintu kusen, lemari dan rak dengan bahan alumunium. Dengan harga yang relatif murah, ada banyak jenis furnitur plastik maupun alumunium yang bisa mempermanis rumah Anda.

 

4 dari 4 halaman

4. Memasang Roda dan Pilih Kaki-Kaki Tinggi

Selain memilih material yang tahan terhadap air, Anda juga perlu memilih furniture yang memiliki roda atau kaki-kaki pada bagian bawahnya. Tujuannya, agar Anda lebih mudah memindahkan dan mengamankan furniture tersebut ketika banjir datang sehingga perabot Anda terselamatkan dari genangan banjir.

Furniture yang memiliki celah juga membantu kamu untuk membersihkan dan mengepel bagian kolong pasca banjir surut. Untuk tampilan yang menarik, Anda bisa pilih perabotan yang minimalis.

5. Ranjang Tingkat dan Kasur Busa

Sama dengan sofa, lemari dan ranjang model berkaki, penggunaan ranjang tingkat juga membantu kamu untuk menghadapi banjir tiba-tiba datang. Selain mengantisipasi banjir, penggunaan ranjang tingkat juga bisa memberikan kesan rapi dan luas pada area kamar. Tentunya, pilih ranjang rangka besi atau kayu solid yang tahan lama. Sementara untuk kasurnya, Anda juga bisa memilih kasur busa agar lebih mudah diamankan ketika banjir datang dan mudah untuk mengeringkannya.

Itulah beberapa tips untuk memilih perabotan rumah yang tahan melawan banjir. Untuk melindungi perabot rumah tangga dari ancaman banjir ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, melakukan renovasi dengan menambah permukaan rumah agar lebih tinggi. Kedua, adalah pindah rumah. Pilih kawasan yang aman dan bebas banjir.

Jika memutuskan untuk pindah rumah atau kontrakan, Anda bisa menggunakan jasa angkutan dan pemindahan barang, TheLorry. Untuk menggunakan jasa TheLorry kamu cukup unduh aplikasinya di PlayStore dan AppStore. Setelah itu, kamu cukup pilih jenis kendaraan, alamat dan tanggal pemesanan untuk melihat harga.

 

Selain pelayanan kendaraan, TheLorry juga menyediakan layanan tambahan seperti mengangkat barang-barang. Jadi tak perlu lagi mencari orang untuk membantu kamu mengangkat barang-barang tersebut. Harga layanan pemindahan dan pengangkatan barang  dari TheLorry begitu transparan, Anda tak perlu khawatir ada biaya-biaya tak terduga.

Ingin tahu lebih lanjut seputar TheLorry, Anda bisa kunjungi www.thelorry.com/id dan instagram @thelorry.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.