Sukses

Saat Klasik dan Kontemporer Berpadu di Rumah Mewah yang Bikin Betah

Liputan6.com, Jakarta - Desain klasik dan kontemporer merupakan desain yang bisa dikatakan saling bertolak belakang. Desain klasik mengacu pada gaya tradisional yang elegan dan tidak mudah redup oleh waktu. Sementara, desain kontemporer mengacu pada gaya yang lebih modern dan ingin selalu terlihat fresh.

Kedua desain ini memiliki perbedaan dalam berbagai aspek di dalamnya. Sebagai contoh, desain klasik banyak bermain dengan tekstur pada permukaan furnitur. Sedangkan, desain kontemporer condong ke arah permukaan yang halus, licin, dan reflektif seperti kaca.

Walaupun terlihat bertolak belakang, kedua desain nyatanya dapat dipadukan menjadi satu kesatuan yang menawan dengan menonjolkan kelebihan masing-masing desain. HelloEmbryo membuat desain hunian klasik kontemporer yang sukses menyerasikan kedua gaya desain tersebut dan menghasilkan interior hunian yang mewah dan elegan.

Seperti apa rupanya? Simak detailnya berikut yang disusun tim Arsitag.

Ruang Tamu

Karakteristik utama yang akan muncul di benak saat mendengar kata desain klasik adalah dominasi warna putih dan bangunan yang berukuran besar. Hunian ini memiliki kedua aspek tersebut yang terlihat jelas di bagian eksterior maupun interior bangunan.

Di ruang tamu, kesan klasik ditampilkan melalui dinding putih, lantai granit yang super elegan, serta gorden tebal tinggi yang menutupi jendela kaca setinggi ruangan. Sementara itu, pemilihan furnitur terlihat lebih modern dengan desain yang unik, misalnya meja kecil di samping sofa, kursi kulit, serta meja dengan kaki-kaki yang pendek.

2 dari 5 halaman

Ruang Makan

Desain klasik kontemporer menjadi inti dari desain seluruh ruangan, termasuk ruang makan. Pada area ini, ada beberapa aspek yang cukup menarik perhatian.

Karakter kontemporer diperlihatkan pada sisi dinding yang dicat hitam, dan dihias dengan bentuk geometri berbentuk kotak dan persegi panjang berwarna putih yang kontras. Lampu gantung yang berada tepat di atas meja makan merupakan interpretasi modern dari lampu gantung bergaya Sputnik.

Aspek lain yang juga menarik perhatian adalah kursi makan yang memiliki desain yang mirip dengan traditional wing chair. Semua aspek tersebut menghadirkan kesan klasik kontemporer yang kental.

3 dari 5 halaman

Kamar Mandi

Untuk menciptakan harmoni, desain hunian klasik kontemporer ini menggunakan beberapa eleman yang tampil secara berulang di seluruh bagian rumah. Pada area kamar mandi, pengulangan ini terlihat dalam penggunaan granit sebagai lantai, dinding ruangan, dan wastafel. Penggunaan material ini memberikan kesan mewah dan elegan yang terasa di seluruh hunian.

Untuk kamar mandi yang sebelah kanan, pengulangannya diwujudkan pada penggunaan warna dan pola geometri. Pola geometri dalam ruangan terlihat lebih padat dibandingkan dengan pola di ruang makan.

Pengulangan dalam bentuk warna hadir melalui warna hitam pekat yang menjadi pilihan untuk wastafel kamar mandi.

4 dari 5 halaman

Kamar Tidur

Kamar tidur yang mengusung desain hunian klasik kontemporer ini terlihat nyaman dengan penggunaan warna-warna lembut yang mendominasi seluruh ruangan. Di belakang headboard tempat tidur, membentang sebuah panel yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan bingkai berwarna emas untuk kesan elegan.

Model lampu gantung yang dipergunakan di kamar tidur ini merupakan pengulangan dari lampu gantung yang berada di ruangan sebelumnya. Semuanya merupakan lampu bundar dengan sedikit perbedaan pada jumlah dan ukuran. Pengulangan elemen-elemen tersebut mengikat seluruh desain menjadi satu untuk kesan mewah dan elegan yang mapan.

Konsistensi gaya kontemporer dimunculkan pada penggunaan lampu gantung yang bisa ditemukan di beberapa ruangan. Pilihan lampu gantung pun menggunakan bentuk yang sama, yakni lampu bundar. Selain menjadi benang merah yang harmonis untuk keseluruhan desain rumah, lampu gantung sudah cukup menjadi focal point di setiap ruangan sehingga tidak perlu menambahkan dekorasi berlebihan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: