Sukses

7 Inspirasi Arsitektur Rumah Mewah 4 Lantai Berdesain Minimalis Kontemporer

Liputan6.com, Jakarta - Rumah berlantai empat menstimulasi imajinasi membayangkan desain rumah yang megah dan nyaman. Tak hanya itu, rumah model ini juga biasanya dilengkapi material mahal dengan detail unik.

Rumah dengan empat lantai dapat ditata dengan mengusung arsitektur minimalis ke dalam desainnya, seperti karya Scope.

Lalu, tampak seperti apa desain rumah tersebut? Seberapa nyaman rumah empat lantai yang dihadirkan dan pantaskah dikategorikan sebagai home sweet home? Simak rangkuman Arsitag berikut ini.

1. Eksterior Rumah Mewah Kontemporer

Memiliki rumah mewah di salah satu kawasan elit di Kembangan, Jakarta Barat, berarti membuka kesempatan bereksplorasi dengan gaya desain kontemporer sesuai kebutuhan dan keinginan.

Permainan garis horizontal dan vertikal yang mencirikan desain minimalis ditampilkan dengan berani lewat keseluruhan elemen pembentuk eksterior bangunan. Fasad rumah empat lantai membentuk massa berbentuk balok tinggi yang kemudian dipertegas oleh bidang sunscreen di lantai tiga dan empat.

Selain melindungi rumah dari terik matahari, sunscreen menjadi elemen estetika eksterior yang membuat fasad terlihat semakin elegan. Bagian muka bangunan didominasi jendela untuk mengoptimalkan akses pencahayaan dan sirkulasi udara di rumah yang terletak di kaveling apit ini.

Agar tidak monoton, dimensi dan detail jendela di setiap lantainya berbeda, disesuaikan kebutuhan ruang di dalamnya.

2 dari 8 halaman

2. Lift Memudahkan Akses di Rumah Empat Lantai

Sesuai standar keamanan, bangunan dua lantai atau lebih sebaiknya dilengkapi dengan lift. Rumah mewah kontemporer empat lantai ini dilengkapi lift untuk kemudahan aksesnya.

Bidang pintu lift yang simpel dan sleek turut berperan menciptakan kesan minimalis nan elegan lewat garis dan warna perak naturalnya. Ruang-ruang utama keluarga terletak di lantai tiga.

Ruangan sengaja didesain terbuka. Mengintegrasikan bagian ruang keluarga, dapur, dan ruang makan yang tampil menawan dengan detail yang unik. Garis horizontal memanjang pada plafon, diimbangi garis vertikal pada dinding sebelah rak televisi beserta deretan jendela sepanjang dinding area ruang makan.

Kesan cozy diciptakan dari desain plafon gipsum berwarna putih dilengkapi terangnya cahaya dari deretan jendela. Hal ini bermanfaat menyeimbangkan gelapnya plafon parket berwarna coklat alami.

3 dari 8 halaman

3. Penyatuan Ruang Makan dan Dapur dalam Ruang Terbuka yang Nyaman

Karena fungsi dan aliran gerak yang saling melengkapi, membuat penyatuan dapur dan ruang makan menjadi pasangan sempurna pada ruang terbuka.

Penempatan dapur dekat jendela menjadi area pergantian udara ketika memasak agar asap dan aroma masakan tidak memenuhi ruangan. Area makan yang berdampingan dengan balkon menciptakan nuansa alfresco dining yang nyaman dan elegan.

4 dari 8 halaman

4. Kamar Tidur Mewah untuk Penyuka Action Figure

Sebagai ruang pribadi yang menjadi ajang ekspresi jati diri, kamar tidur akan terasa nyaman jika didesain sesuai kebutuhan dan gaya pemiliknya. Kamar tidur kontemporer dilengkapi kabinet untuk memajang koleksi action figure berjajar secara rapi.

Ditampilkan pula perpaduan bidang garis pada furniturnya. Desain minimalis semakin ditonjolkan melalui garis diagonal pada lantai dan kabinet meja belajar. Lalu garis horizontal yang diciptakan pada area jendela, serta garis vertikal di dinding kepala ranjang.

5 dari 8 halaman

5. Kamar Tidur Utama di Rumah Mewah Minimalis Kontemporer

Konsistensi desain diciptakan melalui desain dan bahan plafon, beserta material lantai yang didominasi kayu. Selain itu, unsur kenyamanan dihadirkan melalui penggunaan warna dan pola alam dengan aneka warna coklat bergradasi dari terang hingga gelap.

Desain headboard motif kotak berbahan beludru seolah memberi kehangatan rangkulan. Sekaligus menegaskan ranjang sebagai primadona yang elegan di kamar tidur.

Satu-satunya bagian dinding yang menghadap ke jalan, seluruhnya dijadikan akses utama pencahayaan. Plafon dekat area dinding kaca sengaja direndahkan dan didominasi warna putih agar pencahayaan lebih fokus dan terpantul ke seluruh kamar.

Ditambah, membentuk efek megah terhadap area utama kamar tidur. Pilihan gorden warna gelap senada dengan warna utama kamar tidur dilengkapi sheer curtain putih. Keduanya menambah keindahan gaya minimalis dengan tampilan garis-garis vertikal yang lembut.

6 dari 8 halaman

6. Kamar Tidur Anak yang Aman dan Nyaman

Bagi orang tua, mewujudkan impian memiliki kamar tidur anak yang baik adalah melalui desain yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Di dalam kamar tidurnya, anak diharapkan dapat beristirahat, belajar, serta bermain. Bahkan, lebih sempurna lagi jika desainnya bisa memicu ide dan kreativitas anak.

Begitu memasuki kamar tidurnya, anak disambut cerahnya ruangan serba putih. Menciptakan kesan bersih, terang, dan lega. Rasa nyaman yang lembut diciptakan melalui aksen warna pink dan biru pastel pada dinding, serta coklat muda pada lantai parket yang senada dengan furnitur. Ujung dipan yang melengkung dan letak ketinggian jendela dikondisikan untuk keamanan anak.

Desain minimalis tidak hanya tercipta dari garis vertikal dan horizontal, namun juga dari interaksi garis diagonal yang berbeda gradiennya untuk menciptakan kedinamisan yang bisa memicu kreativitas.

Cahaya lampu sengaja dibuat uplight memantul lewat tray ceiling atau lapisan gipsum di langit-langit, agar mata anak tidak rusak karena silaunya. Bagian bawah meja belajar sengaja dibuat bebas tanpa laci dan rak untuk menyediakan area camping ground atau tempat persembunyian.

7 dari 8 halaman

7. Kolam Renang di Rumah Mewah Kontemporer

Kehadiran kolam renang di sebuah rumah biasanya mengkategorikan rumah tersebut sebagai rumah mewah. Namun, sempitnya lahan sering menjadi kendala dalam menghadirkan sarana olahraga dan relaksasi ini.

Akan tetapi, berkat kemajuan teknologi, memudahkan terwujudnya roof top pool di lahan terbatas. Harga fasilitas eksklusif ini pun kian terjangkau seiring semakin banyak kompetitor penyedia jasa pembuatannya.

Di lantai empat, Anda akan menemukan suasana alam yang teduh dari indahnya gradasi biru keramik, cantiknya lantai kayu berwarna coklat, dan hitam elegan dinding batu palimanan yang menopang dinding roster. Membentuk sepaket elemen yang mempercantik area roof top pool di lantai empat. Dinding batu alam memberikan perlindungan privasi sekaligus menahan dinginnya hembusan angin.

Ada satu hal yang perlu menjadi perhatian Anda, baik ukurannya luas atau sempit, satu lantai atau empat lantai, sederhana atau mewah, hingga bujet rendah ataupun tinggi, desain rumah yang dianggap home sweet home sudah sepatutnya mampu memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Jadikan inspirasi rumah empat lantai di atas sebagai referensi yang menunjang kenyamanan rumah idaman Anda.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: