Sukses

6 Tips Usir Kecoak di Rumah Dalam Semalam

Lakukan hal-hal simpel ini bisa buat rumah kamu aman dari kecoak.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kecoak jadi binatang yang meresahkan, apalagi bagi Anda yang memang takut berlebih dengan serangga yang satu ini. Jika kecoak terbang, pasti bisa buat panik tidak karuan.

Dilansir dari organiclesson.com, Kamis, 6 Februari 2020 Anda bisa lakukan cara sederhana untuk basmi kecoak dalam semalam dan membuat rumah Anda lebih nyaman.

1. Bersihkan Sisa Makanan

Rumah Anda menjadi sasaran empuk kecoak jika Anda memiliki makanan yang tergeletak di tempat terbuka. Pastikan Anda membersihkan selalu membersihkan sisa makanan dan rutin membuangnya.

Selain itu, perhatikan tempat Anda menyimpan makanan, pastikan berada di wadah yang tertutup rapat. Kecoak akan pindah tempat jika tak ada lagi makanan yang bisa jadi  sasaran di rumah Anda.

2. Menyingkirkan Barang Tidak Terpakai

Bukan hanya sisa-sisa makanan yang jadi santapan kecoak, benda-benda seperti kertas dan lem juga dapat mereka habiskan. Bersihkan sudut-sudut ruangan di rumah Anda akan membuat kecoak pergi.

Selain itu, pindahkan barang yang sudah tidak terpakai, seperti tumpukan koran dan majalah bekas. Pastikan tidak menggunung dan menimbulkan debu yang bisa jadi sarang favorit kecoak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jaga Kelembapan Ruangan

Kecoak sangat suka dengan tempat yang ada pasokan air dan uap yang berlimpah. Jadi, tak heran jika Anda paling sering menemukan binatang yang satu ini di kamar mandi.

Anda bisa memeriksa seluruh ruangan di rumah Anda dengan cermat. Perbaiki semua pipa yang bocor dan singkirkan semua genangan air yang di dalam maupun di luar ruangan rumah Anda.

4. Menutup Celah-Celah

Anda bisa mencermati celah-celah di rumah Anda yang sudah dimasuki serangga atau binatang kecil. Buat sulit kecoak untuk masuk ke rumah Anda dengan menutup celah yang mungkin ada di atap, dinding atau sekitar pipa dan saluran air.

Memasang kawat di ventilasi juga dapat membantu menangkal serangga, bukan hanya kecoak tapi macam-macam serangga lain seperti cicak, nyamuk, dan lalat.

3 dari 3 halaman

5. Racik Jebakan dari Asam Borat

Anda bisa mengusir kecoak dengan membuat racikan dari asam borat. Asam borat cukup mudah di temui di toko bahan bangunan dan harganya tergolong murah, hanya berkisar Rp10 ribu.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tiga sendok makan asam borat dengan tiga sendok makan tepung dan satu sendok makan minyak zaitun. Campur bersama dalam gelas plastik sampai menjadi campuran seperti adonan. Bentuk adonan menjadi bola seukuran nikel dan letakkan di sekitar rumah.

Asam borat hampir tidak terlihat setelah digunakan. Namun, tetap perhatikan keamanan dengan memastikan Anda memasang jebakan ini jauh dari jangkauan anak-anak.

6. Siapkan Perangkap Lengket

Selain asam borat, Anda bisa menggunakan perangkap kecoak lengket yang di pasang di rumah Anda. Anda perlu menemukan beberapa titik di mana kecoak sering terlihat bermunculan.

Lem yang digunakan pada perangkap ini biasanya sangat lengket jadi Anda perlu berhati-hatilah dan jangan sampai menyentuh lem saat menempatkan perangkap. Pemasangan perangkap ini dianjutkan pada malam hari karena kecoak cenderung lebih aktif pada malam hari. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.