Sukses

4 Makanan yang Perlu Dihindari agar Tak Mengantuk Usai Makan Siang

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sering merasa mengantuk usai makan di siang hari. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu dan tidak nyaman, apalagi ketika ingin melanjutkan pekerjaan di kantor maupun pekerjaan lainnya.

Kalau Anda sampai sangat mengantuk, pekerjaan bisa terbengkalai. Kondisi ini biasanya terjadi karena perubahan mendadak kadar gula darah.

Saat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, menyebabkan tingginya insulin untuk memecah jumlah gula dalam aliran darah. 

Hal itu bisa memicu atau menyebabkan Anda merasa mengantuk dan kurang bisa fokus dalam beberapa jam setelah makan siang.

Dilansir dari Indian Express, Minggu, 12 Januari 2020, Anda lebih baik menghindari beberapa makanan dan juga minuman untuk mencegah kantuk setelah makan siang. Apa saja?

1. Makanan kaya karbohidrat

Saat makan siang, cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi seperti mi, pasta, telur, dan keju.

2. Minyak dan garam

Mulai sekarang perhatikan porsi makanan Anda, seperti, pilih protein dan sayuran dengan karbohidrat yang lebih kompleks seperti quinoa atau beras merah, sup dan salad. Sedangkan makanan yang mengandung minyak, garam, dan pengawet bisa membuat Anda cepat mengantuk.

2 dari 3 halaman

3. Camilan manis

Setelah makan siang, Anda biasanya mencari camilan atau dessert yang manis. Nah, mulai sekarang pilih yang kaya akan protein seperti kacang, dan cokelat hitam.

Namun itu bisa diganti dengan buah-buahan seperti jeruk, apel, melon dan blueberry. Dessert yang manis memang dapat meningkatkan mood dan semangat bekerja, tapi selang beberapa lama Anda akan tidak fokus dan mulai mengantuk.

4. Kopi

Saat kita merasa mulai mengantuk, biasanya kita membuat atau memesan kopi favorit Anda. Sebenarnya itu tidak baik, karena justru akan membuat Anda makin mengantuk.

Solusinya, mulai saat ini pilihlah minuman seperti teh hijau atau matcha. Karena kedua minuman tersebut mengandung L-theanine, asam amino yang mengurangi denyut jantung dan tekanan darah.

Minuman itu juga diharapkan menghasilkan energi yang tenang dan lambat yang dapat membuat Anda lebih fit dan sehat sehingga tidak merasa mengantuk.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Enak yang Bisa Perbaiki Mood
Artikel Selanjutnya
Sedang Mengidam? Jangan-Jangan Kamu Kekurangan Zat Ini