Sukses

4 Benda Sederhana yang Bantu Atasi Bau Tak Sedap pada Tong Sampah

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan tong sampah di dalam rumah seringkali menimbulkan bau tak sedap akibat timbunan sampah. Hal ini dapat membuat rumah Anda tidak nyaman ditinggali, apalagi jika ada tamu yang berkunjung.

Masalah itu bisa diatasi dengan beberapa cara. Simak tips yang dirangkum Dekoruma untuk menghilangkan bau tak sedap pada tong sampah di rumah Anda.

1. Biji Kopi

Biji kopi memiliki aroma yang sangat kuat dan tahan lama. Aroma yang dihasilkan biji kopi ini mampu mengalahkan bau tak sedap pada tong sampah.

Caranya, Anda hanya perlu menebarkan biji kopi di sekitar tong sampah. Selain itu, Anda dapat menaruh biji kopi di atas sebuah wadah, kemudian letakkan wadah tersebut di dekat tong sampah ataupun di setiap sudut ruangan Anda.

2. Soda Kue

Tak hanya berguna untuk membuat kue yang enak, soda kue juga berguna untuk menghilangkan bau tak sedap pada tong sampah rumah Anda. Cara kerja soda kue dalam menghilangkan bau tak sedap adalah dengan menyerap bau tersebut.

Jadi, taburkan soda kue pada bagian dalam tong sampah. Untuk hasil yang lebih maksimal, taburkan juga soda kue di sekitar tong sampah. Jangan lupa untuk rutin mengganti dan membersihkan soda kue tersebut setiap hari, ya!

2 dari 3 halaman

3. Koran Bekas

Bagi Anda yang tidak betah melihat koran bekas yang menumpuk di rumah, gunakan saja koran bekas tersebut untuk menghilangkan bau tak sedap pada tong sampah Anda. Kertas koran mampu menyerap kelembapan sampah yang berpotensi menimbulkan bau tak sedap pada tong sampah.

Ambil beberapa lembar kertas koran bekas, kemudian letakkan di dalam permukaan tong sampah. Pastikan Anda tetap menggunakan kantong plastik di dalam tong sampah agar baunya tidak terlalu melekat pada tong sampah. Jangan lupa untuk mengganti kertas koran setiap hari saat Anda mengosongkan tong sampah.

4. Kulit Jeruk

Hal yang paling penting dalam menghilangkan bau tak sedap pada tong sampah adalah dengan membersihkan tong sampah itu sendiri. Dengan membersihkannya, bau tak sedap yang menempel pada tong sampah akan menghilang.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya pun tidak sulit. Pertama-tama, masaklah air hingga mendidih.

Sambil menunggu airnya mendidih, potong kulit jeruk menjadi beberapa bagian. Kemudian, masukkan kulit jeruk yang sudah dipotong ke dalam air mendidih.

Tuang campuran air dan kulit jeruk tersebut ke tong sampah dan bersihkan tong sampah. Aroma dari kulit jeruk akan membantu menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada tong sampah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Tampil Elegan, Busana Marshanda Seperti Terkena Bercak Darah