Sukses

Bahan Pembersih Rahasia untuk Perhiasan Mewah Ratu Elizabeth II Terungkap

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan anggota keluarga Kerajaan Inggris selalu menarik untuk disimak. Satu di antaranya ketika penjahit busana Ratu Elizabeth II harus membersihkan perhiasan kerajaan yang bernilai fantastis.

Dilansir People, Selasa, 12 November 2019, sang dressmaker menemukan sesuatu yang mengejutkan untuk membersihkan perhiasan yakni dengan gin (minuman beralkohol). Hal ini diungkapkan dalam buku Angela Kelly, The Other Side of the Coin: The Queen, The Dresser and the Wardrobe.

"Sedikit gin dan air berguna untuk memberikan berlian ekstra berkilau, jangan beri tahu toko perhiasan untuk itu," tulis Kelly dalam buku tersebut.

Membahas soal persiapan dalam agenda Ratu Elizabeth II untuk acara-acara resmi seperti State of Opening of Parliament, meliputi meletakkan perhiasannya yang berharga dan mahkotanya.

"Setetes cairan pembersih dan air akan menghilangkan noda hairspray," demikian tambah Kelly.

Setelah bekerja untuk Ratu Elizabeth II sejak 1994 silam, Kelly yang bergelar resmi sebagai Penasihat dan Kurator Pribadi (Perhiasan Ratu, Mahkota, dan Lemari Pakaian) dan Desainer Internal, bertanggung jawab atas perawatan pakaian dan perhiasan Ratu serta menciptakan beberapa penampilan yang paling ikonis.

2 dari 3 halaman

Bahan Lain untuk Membersihkan Perhiasan

Perhiasan ratu yang berharga itu dibersihkan secara profesional ketika dibutuhkan. "Jeweller ratu akan membersihkan batu-batu (perhiasan) saat dibutuhkan, jadi bagi saya itu soal pemolesan cepat dan perhiasan akan bersinar lagi," lanjutnya.

Selain gin, Kelly juga mengungkapkan ia menggunakan kantong teh untuk mewarnai replika gaun pembaptisan kerajaan. Caranya dengan mencelupkan renda ke dalam mangkuk kecil yang diisi dengan air dingin dan teh Yorkshire.

Bulan lalu, Ratu Elizabeth II membuat keputusan untuk tidak mengenakan Imperial State Crown yang bersejaarah ke Pembukaan Parlemen. Sebagai gantinya, ia memilih untuk mengenakan mahkota George IV State yang jauh lebih ringan.

Sementara, mahkota berhiaskan beludru ungu yang lengkap dengan 2.868 berlian tersebut diletakkan di atas bantal merah di samping singgasana Ratu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bertemu Ratu Elizabeth II, Melania Trump Pakai Mantel Kuning Menyala Senilai Rp84 Juta
Artikel Selanjutnya
Ratu Elizabeth II Rekrut Direktur Perjalanan Kerajaan, Gajinya Bikin Terkejut