Sukses

Alasan Dion Wiyoko Selalu Minum 1 Gelas Besar Air Saat Baru Bangun Tidur

Dion Wiyoko mengaku bahwa minum saat bangun dan sebelum tidur adalah hal wajib yang dilakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki segudang aktivitas, mulai dari syuting hingga travelling, Dion Wiyoko harus mempertahankan staminanya agar tetap fit. Beberapa caranya adalah menerapkan pola hidup dan makan yang sehat. Tak ketinggalan, konsumsi air putih juga menjadi kunci utamanya.

Seperti yang diketahui, bila kita kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan emosi, kekurangan konsentrasi, sakit kepala ringan dan mudah lelah. Karenanya, Dion menghindari hal tersebut dengan banyak minum air putih.

Guna memenuhi standar minum air putih yakni dua liter sehari, dia memiliki beberapa tips untuk memastikan hal tersebut. Pertama, aktor kelahiran 3 Mei 1984 ini mengatakan bahwa sebaiknya kita minum sebelum rasa haus muncul.

Meskipun sedang beraktivitas di ruangan ber-AC dan tidak berkeringat, dia selalu ingat untuk minum secara berkala meskipun saat sedang tidak haus. "Saya selalu menjaga untuk minum sebelum haus," ujar Dion dalam konferensi pers Jelajah Kebaikan Aqua pada Jumat (1/11/2019) di Sheraton Grand Hotel, Jakarta Selatan.

Cara ini juga disetujui oleh Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K., Ketua Indonesian Hydration Working Group yang turut diundang di acara yang sama. Dia mengatakan bahwa jika rasa haus sudah muncul, berarti tubuh sudah mengalami dehidrasi sebesar satu persen.

Cara kedua Dion untuk menjaga hidrasinya tetap terjaga adalah menerapkan pola hidup sehat. "Selain minum sebelum haus, ya menjaga pola makan, memastikan jam tidurnya juga cukup. Saya yakin ketiga hal itu membuat tubuh kita akan semakin sehat juga," tambah pemain film Susi Susanti Love All ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajib Minum Saat Bangun dan Sebelum Tidur

Tips mudah lainnya juga dimulai dari kebiasaan saat bangun tidur dan saat ingin tidur. Dion mengatakan dia selalu dan wajib minum satu gelas air putih di kedua waktu tersebut.

"Dua hal yang paling wajib saya lakukan itu, bangun pagi wajib harus selalu minum satu gelas besar gitu. Terus juga, sebelum tidur saya selalu minum satu gelas besar," tuturnya kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan lagi, "Mungkin kadang-kadang kita nggak sadar ya, kita tidur nggak merasa melakukan hal aktivitas apa gitu. Padahal saat kita tidur pun, tubuh kita membakar kalori gitu dan juga butuh asupan air minum.

Meskipun dirinya mengaku sebagai orang yang gemar minum, dia tak menampik pernah mengalami momen kekurangan cairan juga seperti saat sedang syuting. Tapi, cara dia tahu bahwa tubuhnya sudah kurang hidrasi adalah dia selalu memantau warna urin dan kondisi kulit sebagai takaran yang menunjukkan dirinya butuh air.

Bila kulitnya sudah terasa kering, kemudian warna urinya sudah kuning pekat, atau konsentrasi saat bekerja mulai berkurang, Dion mengatakan dia akan langsung minum air yang banyak untuk mengembalikan kebutuhan hidrasinya tersebut. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.