Sukses

4 Manfaat Mandi dengan Air Es yang Tak Terduga

Liputan6.com, Jakarta - Bukan sebuah hal yang asing bila melihat para atlet dan orang yang gemar berolahraga menggunakan kompresan es setelah melakukan aktivitasnya. Beberapa di antaranya bahkan mandi dengan air es atau air dingin agar menyegarkan seluruh tubuh.

Dilansir dari Health Line, 22 Oktober 2019, mandi dengan air es tersebut disebut juga dengan cold water immersion (CWI) atau cryotherapy. Air yang digunakan suhunya sangat dingin, yakni sekitar 10-15 derajat celcius.

Tujuannya adalah membantu meredakan rasa sakit pada otot. Perendaman ini dilakukan selama 10-15 menit.

"Setelah latihan fisik yang intens, perendaman dengan air dingin bisa menjadi sesuatu yang melegakan dan meredekan rasa sakit pada otot yang radang," jelas Dr. A. Brion Gardner, dokter tulang dari The Centers for Advanced Orthopaedics.

Ternyata, selain bermanfaat untuk otot, ada manfaat lainnya dari mandi menggunakan air es atau air yang sangat dingin. Apa saja? Simak rangkuman dari Liputan6.com tentang empat manfaat mandi dengan air es.

1. Memperlancar Fungsi Saraf Pusat

Dr. A. Brion Gardner mengatakan bahwa mandi air es bisa memaksimalkan kinerja saraf pusat untuk membantu proses tidur dan secara berkala mengurangi rasa lelah pada tubuh.

Dia juga menambahkan bahwa bila Anda rutin mandi dengan air es, dapat meningkatkan reaksi yang lebih bersemangat di olahraga ke depannya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

2. Membatasi Respons Peradangan

Suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat karena adanya aktivitas fisik yang cukup berat dan memacu adrenalin. Jika dipasangkan dengan suhu air es yang dingin, akan membatasi suhu tubuh yang panas tersebut. Hal ini akan membantu proses penyembuhan peradangan otot yang terjadi setelah kegiatan fisik berat tersebut.

3. Mengurangi Efek Panas dan Lembap

Mandi dengan air es dianjurkan untuk dilakukan sebelum melakukan lari jarak panjang atau aktivitas berat lainnya. Suhunya yang dingin dapat meningkatkan kelembapan dalam tubuh, terutama di bagian bawah sehingga dapat menurunkan suhu panas saat sedang berlari.Suhu yang tidak terlalu panas dapat meningkatkan performa dan menurunkan risiko cedera pada otot.

4. Melatih Saraf Vagus

Manfaat ini merupakan salah satu yang cukup penting bagi tubuh, yakni melatih saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf yang menghubungkan berbagai sistem lainnya ke otak. Pengaturan detak jantung, berbicara, berkeringan, dan lainnya disalurkan melalui saraf vagus.

Berhubungan dengan banyak bagian, mandi dengan air es dapat melatih dan memperkuat fungsi saraf ini agar terbiasa dalam berbagai kondisi. Bahkan, menurut penuturan Aurimas Juodka, CSCS, CPT, seorang spesialis tentang kekuatan tubuh, pelatihan saraf vagus dengan air es dapat membuat kita lebih handal dalam melatih stress. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Catat, 4 Keuntungan Mandi Air Dingin