Sukses

Kebiasaan BJ Habibie Saat Bersantap di RM Padang

Liputan6.com, Jakarta - Di samping ragam makanan khas Sulawesi, mendiang BJ Habibie nyatanya juga gemar menyantap berbagai macam kuliner Sumatera Barat di salah satu rumah makan (RM) Padang di kawasan Juanda, Jakarta Pusat.

"Kalau (Habibie) mau datang, ajudannya bakal telepon dulu supaya kami siapin meja," cerita Rani, salah seorang karyawan RM Padang Sari Bundo pada Liputan6.com lewat sambungan telepon, Rabu, 11 September 2019.

Humas dan Publikasi Sari Bundo Guwon Rizki menambahkan, dalam setiap kunjungan, entah dengan ajudan, kerabat, maupun keluarga, ada kebiasaan yang selalu dilakukan Habibie, yakni duduk di sudut ruang belakang rumah makan Padang tersebut.

"Mungkin Pak Habibie ingin kehadirannya tidak menarik perhatian pengunjung lain dan lebih menikmati hidangan yang beliau pesan," ujar Guwon.

Ia mengatakan, dua bulan lalu jadi waktu terakhir kunjungan BJ Habibie ke rumah makan Padang tersebut. Kala itu, presiden ke-3 RI itu bersantap bersama seorang tamu.

2 dari 3 halaman

Menu Favorit

BJ Habibie sendiri sudah lama jadi langganan rumah makan padang yang telah beroperasi sejak 1967 tersebut. Tak sendiri, beliau sering kali makan bersama anak, cucu, serta mendiang istrinya, Ainun Habibie.

Menu favorit lelaki yang sempat kuliah di salah satu universitas di Aachen, Jerman, ini adalah ayam goreng. Saking ketagihan, Habibie sering meminta menu ayam goreng untuk dibungkus dan dibawa pulang. 

"Kalau minuman (favorit Habibie) jus alpukat," sambung Guwon. Sementara, tutur Rani, sambal petai dan kari jeroan selalu jadi menu yang dipilih mendiang Ainun. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Calon Kuat PM Malaysia Petik Nilai Kepemimpinan dari BJ Habibie
Artikel Selanjutnya
Eks Wakil PM Malaysia Anwar Ibrahim Takziah ke Kediaman BJ Habibie