Sukses

Pasangan Rusia Ciptakan Boneka Mirip Manusia, Nyaris Tak Bisa Dibedakan

Liputan6.com, Jakarta - Boneka bukan hanya teman bermain. Namun, seringkali boneka adalah karya kreatif yang mendapat perhatian lebih dari biasanya diberikan kepada mereka.

Dua seniman dari Rusia, Anastasiya dan Surgey Lutsenko terkenal di kalangan pengumpul boneka di seluruh dunia sebagai dua pembuat boneka paling teliti di dunia. 

Melansir dari odditycentral.com,  Rabu (28/8/2019), mereka dapat menghabiskan beberapa bulan untuk mengerjakan satu bagian. Perhatian terhadap detail inilah yang membuat produk akhir begitu mengesankan.

Boneka Lutsenko terlihat seperti manusia mungil tidaklah berlebihan. Dengan mata mereka yang mengkilap, kecil, wajah-wajah proporsional sempurna. 

Selain itu, detail yang mereka lukis penuh dengan kehati-hatian, seperti bintik-bintik dan tahi lalat, boneka-boneka ini sangat realistis sehingga sering terlihat seperti manusia mini. Untuk menambah realisme, tak ada dua boneka yang sama.

Boneka yang mereka buat dan dilukis dengan tangan. Boneka-boneka yang dibuat itu semua sangat disesuaikan. Pemilik dapat mengganti pakaian dan aksesoris mereka, serta wig alami.

2 dari 3 halaman

Tanah Liat Polimer

Anastasiya dan Sergey Lutsenko adalah seniman profesional, lulusan Krasnodar Art College dan Kuban State University of Culture and Arts. Namun, mereka tak pernah berlatih membuat boneka, hal itu terjadi begitu saja.

Selama tahun terakhirnya di universitas, Anastasiya telah bereksperimen dengan perhiasan yang terbuat dari tanah liat polimer. Ia kemudian memutuskan untuk menggunakan bahan tersebut untuk membuat boneka untuk salah satu gurunya sebagai hadiah ulang tahun. Ia membuatnya dengan penuh perjuangan dan banyak menemui masalah.

Selama beberapa tahun berikutnya, duo seniman ini mengungkapkan, semua rahasia boneka yang diartikulasikan dan ultra-realistis, dari kombinasi bahan yang tepat dengan poliuretan dan porselen hingga cara yang tepat untuk memanggang boneka dan mengecatnya dengan ahli.

Mereka mulai membuat boneka pada 2011 dan mereka masih belajar, tetapi keterampilan mereka jelas telah menarik banyak perhatian dari kolektor boneka. Boneka Lutsenkos dijual seharga puluhan ribu rubel, tetapi harganya tak pernah membuat takut para penggila boneka dan para kolektor boneka di Rusia.

Negara-negara seperti Jerman dan Inggris bersedia membayar mahal untuk mahakarya tersebut. Boneka Lusenko termasuk yang paling diidam-idamkan di kalangan kolektor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: