Sukses

Resep Kapurung Ikan, Kuah Gurih dengan Papeda yang Melegenda

Akhir pekan saatnya mencoba resep baru seperti kuliner khas Palopo, Sulawesi Selatan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mendengar kata papeda, sering kali kita teringat jajanan yang dijual depan Sekolah Dasar. Kuliner yang satu ini merupakan olahan sagu atau papeda yang dibuat menjadi bulat-bulat dan dipadukan dengan sayuran beserta ikan.

Dilansir dari berbagai sumber, kuliner khas Sulawesi Selatan ini merupakan makanan tradisional dari Palopo. Kuah kuning yang lezat dipadu dengan sagu yang kenyal dan ikan yang gurih. Anda juga bisa menggantinya dengan ayam atau daging.

Nah, menjelang akhir pekan Anda bisa gunakan waktu luang untuk mencoba resep baru. Berikut resep kapurung ikan khas Sulawesi Selatan yang paling mudah dari dapur Ririn Rahayu dilansir dari Cookpad, Jumat, 21 Juni 2019.

Bahan-bahan :

2-3 Genggam sagu

Ikan tuna/ikan tongkol/ikan bandeng

Sayur bayam

Sayur kangkung

Kacang panjang

1 batang serai (digeprek)

8 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Jeruk nipis

Air asam jawa secukupnya

Kunyit secukupnya

Cabai rawit (sesuai selera)

Terasi secukupnya

Garam dan penyedap rasa secukupnya

udang (sesuai selera).

Saksikan video di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat :

1. Remas ikan menggunakan jeruk nipis dan garam, lalu sisihkan. Masukan ikan ke dalam panci. Tambahkan air asam jawa dan kunyit. Setelah itu masukan irisan bawang merah dan bawang putih. Tak lupa tambahkan garam dan penyedap rasa.

2. Masak sayur-sayuran seperti halnya cara buat sayur bening.

3. Campur sagu dengan sedikit air hingga adonan sagu mengental. Lalu, didihkan air panas. Setelah mendidih, tuang air panas ke dalam adonan sagu. Biarkan hingga menjadi agak sedikit lembut. Aduk hingga rata, lalu ambil sumpit dan bentuk bola-bola.

4. Tuangkan kuah kuah ikan dan bentuk bola-bola sagu ke dalam kuah.

5. Setelah itu, cabai rawit, terasi, sedikit garam dan penyedap rasa. Lalu, campurkan sambal dan sayur yang sudah dimasak (tanpa kuah) ke dalam kuah ikan, dan masukkan sayur.

6. Aduk rata smua bahan (kuah ikan, sagu, sayur dan sambalnya). Tambahkan perasan jeruk nipis agar lebih nikmat. Selamat mencoba!(Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.