Sukses

Cerita Akhir Pekan: Libur Segera Tiba, Kamu Mau ke Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Usai libur Lebaran, libur sekolah segera tiba. Orangtua biasanya merencanakan beragam kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu liburan agar anak tak merasa bosan dan jenuh di rumah.

Meski begitu,anak perlu diajak bicara ketika merencanakan beragam kegiatan liburan tersebut. Entah, tentang lokasi tujuan wisata, liburan ke pantai, luar negeri, naik gunung, dan lain-lain.

Secara psikologi, hal itu dilakukan agar orangtua tak terkesan menghalangi anak-anak untuk minat dan bakatnya. Anak juga perlu dibiarkan untuk mencari sendiri cara menyibukkan diri.

Dengan kegiatan yang santai mereka akan membuat mereka merasa senang. Mereka juga merasa tak didikte oleh orangtuanya.

Sebenarnya, orangtua mencegah stimuli internal anak untuk berkembang saat orangtua merencanakan semua kegiatan untuk anaknya. Padahal, stimuli internal ini penting untuk mengembangkan sisi kreativitas anak.

2 dari 3 halaman

Merencanakan Liburan Sekolah

Selama ini tak sedikit orang yang tak memahami pentingnya memperhitungkan dan merencanakan dana liburan sekolah. Kebanyakan orang hanya akan mempersiapkan sejumlah besar uang dan berangkat begitu saja. Dilansir dari finansialku.com, berikut beberapa perencanaan dana liburan sebelum berangkat berlibur.

Tak Kurang dan Tak Berlebih

Dengan membuat perencanaan dana liburan Anda tak perlu khawatir akan kekurangan uang secara mendadak di tempat berlibur karena semua sudah diperhitungkan dengan akurat.

Tak Ada Kebutuhan yang Terlewat

Perencanaan dana liburan yang Anda buat nantinya dapat menjadi checklist untuk liburan Anda. Memiliki daftar kebutuhan liburan adalah hal yang penting agar tak ada kebutuhan yang terlewat.

Kontrol Keuangan

Perencanaan itu penting agar pengeluaran dana dapat dikontrol. Dengan membuat perencanaan dana liburan, Anda bisa mengetahui apakah budget tersebut sudah cukup untuk liburan yang Anda rencanakan. Jika kebutuhan melebihi budget maka Anda dapat segera mencari alternatif lain untuk mengurangi dana liburan atau mempertimbangkan liburan lain yang sesuai dengan keuangan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: 6 Wisata Konservasi Nusantara yang Diakui Dunia
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Balada Kehidupan Warga di Kawasan Wisata Konservasi