Sukses

Daftar Buku Terpopuler di Dunia, Adakah Favoritmu di Antaranya?

Salah satu buku terpopuler di dunia merupakan karya penulis asal Tiongkok. Apakah judulnya?

Liputan6.com, Jakarta - Posisi buku sebagai jendela dunia belakangan semakin tergeser dengan keberadaan media digital. Meski begitu, sejumlah buku berhasil menduduki ranking terpopuler, khususnya buku fiksi.

Kemampuan narasi membuai imajinasi para pembaca menjadi salah satu faktor buku-buku itu bisa jadi favorit banyak orang. Masih berkaitan dengan Hari Buku Dunia yang jatuh pada 23 April, Liputan6.com merangkum daftar buku yang paling banyak dibeli dari beragam sumber.

1. The Lord of The Rings

Siapa tak kenal nama Gandalf, Bilbo Baggins, atau Legolas Greenleaf? Karakter tersebut berasal dari buku The Lord of The Rings yang dinobatkan sebagai buku dengan penjualan terbanyak di dunia, yaitu 150 juta kopi.

Buku ini ditulis oleh J. R. R. Tolkien pada 1954 hingga 1955. Terdapat tiga volume buku dengan masing-masing volume terdapat dua buku. Buku ini pun sudah diterbitkan ke dalam 38 bahasa di dunia dan diangkat ke layar lebar yang juga berhasil mencetak box office

2. The Little Prince (Le Petit Prince)

Novel genre fiksi ini ditulis oleh Antoine de Saint- Exupéry. Diterbitkan pertama kali pada 1943 dalam bahasa Prancis, novel ini terjual hingga 140 juta kopi di dunia. Novel genre fiksi ini dinobatkan menjadi buku dengan terjemahan bahasa terbanyak, yaitu 300 bahasa.

The Little Prince menceritakan tentang kesendirian, pertemanan, cinta, dan kehilangan ketika tokoh si pangeran datang ke bumi. Novel ini pun telah diangkat ke dalam drama radio, opera, hingga film animasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Harry Potter and The Philosopher's Stone

Karya legendaris ini ditulis oleh J. K. Rowling. Mungkin tak ada yang tak kenal dengan tokoh Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione Granger. Novel ini merupakan buku pertama dari tujuh buku Harry Potter.

Penjualan novel genre fantasi ini mencapai 120 juta kopi di dunia. Seri novel Harry Potter ini pun telah diangkat menjadi delapan seri film.

4. The Hobbit

Novel ini ditulis pula oleh J. R. R. Tolkiens. Inilah novel yang pertama ditulis oleh Tolkiens sebelum karya besarnya, The Lord of The Rings.

Buku ini diterbitkan pertama kali pada 1937. Hingga kini, The Hobbit terjual hingga 100 juta kopi. The Hobbit dikategorikan dalam novel anak dikarenakan karakternya Bilbo Bagins yang kecil, terobsesi dengan makanan, dan moral yang ambigu.

 

3 dari 3 halaman

5. And Then There Were None

Novel ini ditulis oleh Agatha Christie dengan judul asli Ten Little Niggers pada 1939. Novel genre fiksi misteri ini terjual lebih dari 100 juta kopi. Alhasil, novel ni menjadi buku genre misteri kriminal terpopuler di dunia. Bahkan, karya ini telah diadopsi menjadi drama radio dan film.

6. Dream of The Red Chamber

Novel genre fiksi keluarga ini ditulis oleh Cao Xueqin ditulis pada 1740an. Dream of The Red Chamber ini dinobatkan menjadi empat novel klasik terbaik di Tiongkok. Penjualannya pun mencapai 100 juta kopi di dunia.

Ceritanya diyakini sebagai semi-autobiografi yang mencerminkan keluarga penulis sendiri dari zaman Dinasti Qing. Novel ini dianggap luar biasa karena detail penulis yang menceritakan kehidupan dan struktur sosial Tiongkok abad ke-18. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.