Sukses

Tirai Gulung atau Gorden, Mana yang Lebih Pas untuk Jendela?

Mana yang lebih pas untuk jendela rumah Anda, tirai gulung atau gorden? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Liputan6.com, Jakarta - Menata rumah memiliki sensasi tersendiri, terutama untuk mengatur suasana dekorasi di setiap sudut untuk mempercantik ruangan. Untuk menghias jendela misalnya, tentu dibutuhkan tirai atau gorden yang sesuai dengan kebutuhan.

Yang terpenting adalah tidak menghalangi ventilasi dan cahaya matahari yang masuk. Tiap orang punya selera dalam menghias jendela rumahnya.

Biasanya terdiri dari dua pilihan, yaitu memakai gorden yang terbuat dari kain, atau lebih memilih roller blind atau tirai gulung yang terbuat dari besi, plastik, dan kayu. Dilansir dari Bob Vila, 5 April 2019, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Itu semua disesuaikan dengan selera sang pemilik rumah. Lalu, apa saja kelebihan serta kekurangan tirai gulung dan gorden?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tirai Gulung

Tirai gulung membutuhkan lebih sedikit bahan dan waktu untuk memasangnya. Dalam waktu kurang dari 20 menit, seorang profesional bisa menempatkan bingkai jendela, memasang tirai, dan penyempurnaan.

Tirai gulung bisa juga disebut dengan kerai dan harganya ada yang cukup terjangkau.Pilih bahaj plastik akan menurunkan biaya material. Bilah pada kerai, baik yang vertikal maupun horizontal, dapat dioperasikan dengan dua cara untuk mengatur cahaya.

Menarik kabel atau memutarnya bisa menaikkan dan menurunkan bilah tirai.Tirai gulung juga mudah dibersihkan karena permukaan yang keras dan licin. Untuk menghilangkan debu, tinggal tutup bilah dan bersihkan dengan kain lap dari atas ke bawah.

Tirai gulung juga lebih awat karena berbahan sintetis. Baik itu plastik, vinil, aluminium, atau kayu berlapis polimer, membuatnya tahan terhadap perubahan warna dan pewarnaan. Bedanya, bahan ini lebih kaku dan kasar dibanding gorden.

3 dari 3 halaman

Gorden

Gorden menawarkan isolasi yang lebih baik dan kedap suara. Hal itu membuat gorden lebih menyerap panas dan cahaya lebih mudah masuk.

Gorden menawarkan lebih banyak desain. Anda akan menemukan gorden dengan berbagai desain, pola, dan tekstur. Penggunaan gorden juga bisa dikombinasikan dengan tirai gulung.

Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pilihan desainnya. Jadi, pilih tirai gulung atau gorden untuk jendela rumah, jawabannya ada pada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.