Sukses

Komitmen Total Anna Mariana dalam Memajukan Tenun dan Songket Betawi

Anna berkomitmen untuk mendukung dan berjuang dalam membantu budaya Betawi agar dapat berkembang lebih baik, terutama lewat tenun dan songket.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia punya beragam motif kain tenun dan songket. Banyak daerah di Tanah Air yang memiliki kain khas tenun dan songket khas daerah masing-masing, termasuk DKI Jakarta.

Kini Jakarta juga memiliki kain tenun dengan motif khas budaya Betawi. Itu berkat rancangan desainer tenun dan songket Anna Mariana, yang dikenal sebagai pelopor kain tenun dan songket khas Betawi. Anna berharap ada dukungan dari pemerintah untuk menambah khasanah budaya Betawi.

"Sesuai dengan janji Pak Gubernur DKI pada saat kampanye dulu, yang berjanji akan mendukung pengembangan budaya Betawi secara maksimal," ujar Anna dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Ia berharap produk yang diciptakan oleh mantan Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno yaitu Oke Oce bisa lebih maksimal karena dianggap belum menyentuh kepada masyarakat betawi secara maksimal.

Anna mengatakan, selama ini ia berkomitmen untuk mendukung dan berjuang dalam membantu budaya Betawi agar dapat berkembang lebih baik. Baginya, yang terpenting adalah apa yang dilakukannya bisa bermanfaat untuk masyarakat Betawi dan Indonesia.

"Saya bekerja keras dan memikirkan bagaimana budaya Betawi bisa maju dan berkembang di era milenial. Kita harus lebih pintar dalam membuat inovasi budaya supaya tidak di tinggalkan oleh generasi muda," tuturnya.

Anna berharap Gubernur DKI Anies Baswedan bisa mendukung pengembangan berbagai program kebudayaan yang ada dan khususnya pengembangan budaya wastra Songket dan Tenun Betawi yang sudah dgelutinya dalam hampir empat tahun belakangan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberdayaan Perempuan

Ia berharap Gubernur DKI Anies Baswedan bisa mendukung pengembangan berbagai program kebudayaan yang ada dan khususnya pengembangan budaya wastra Songket dan Tenun Betawi yang sudah dgelutinya dalam hampir empat tahun belakangan ini.

"Saya kembangkan produk- produk tenun dan songket di Jakarta, dan telah dinikmati oleh masyarakat Betawi," tuturnya. Saat ini, ia berusaha melakukan pembinaan bagi para kaum perempuan yang masih produktif dan tidak mempunyai lapangan pekerjaan.

Mereka tetap akan bisa diberdayakan untuk bisa menenun dan menyongket serta menjahit, mendesain produk-produknya. Pengembangan industri wastra tenun tradisional ini juga dapat menunjang sektor industri fashion dan mode Betawi di Jakarta dapat lebih berkembang lebih baik.

Kalau program industri kreatif tradisional tersebut berkembang baik maka ini juga akan sangat membantu dalam mengurangi pengangguran di Jakarta. Terutama untuk pemberdayaan perempuan agar mampu meningkatkan kreatifitas dan kemandiriannya.

"Saya berharap pengembangan wastra tradisional khususnya tenun dan songket khas Betawi yang saya kembangkan di Jakarta bisa lebih maksimal. Begitu juga dengan industri batik tradisional agar mendapat dukungan pemerintah secara lebih optimal," pungkas Anna Mariana.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.