Sukses

Jenis Atap Rumah dan Harganya, dari Minimalis Hingga Tahan Bencana Alam

Liputan6.com, Jakarta Memilih sebuah atap untuk bangunan rumah ataupun kantor merupakan salah satu hal yang diperlukaan sebagai ekspresi keindahan bangunan. Namun selain untuk nilai keindahan, kamu pun harus memilih atap yang bisa meminimalisir bahaya dari sebuah bencana alam. Baik itu gempa bumi ataupun angin puting beliung.

Jenis atap rumah pun saat ini bermacam-macam. Kamu bisa memilih jenis atap rumah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, beberapa jenis atap rumah pun bisa membuat rumah kamu semakin cantik.

Selain memiliki nilai seni pada beberapa jenis atap yang ada, bahan pembuatan dari atap pun membutuhkan kualitas yang bagus. Hal ini agar atap rumah yang kamu miliki bisa berfungsi sebagai pelindung rumah seperti fungsi dari atap semestinya.

Saat ini pun banyak jenis atap rumah yang minimalis. Tentu saja atap rumah minimalis ini tergantung dari bahan pembuatannya. Bukan hanya perlu memikirkan bahan pembuatan dari jenis atap saja. Akan tetapi kamu pun harus memperhatikan bagaimana konstruksi dari atap tersebut beserta kemiringannya.

Agar memperoleh atap yang bagus, kamu harus memperhatikan kebutuhan untuk bagian mana atap tersebut akan digunakan. Selain itu, kamu pun bisa memilih desain sesuai dengan dana yang kamu punya. Karena saat ini ada berbagai jenis atap rumah, maka dari itu harga atap pun kini bervariasi.

Liputan6.com pun telah merangkum jenis atap rumah dan harganya untuk kebutuhan kamu dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019).

2 dari 3 halaman

Jenis atap rumah

1. Atap dari Genteng tanah liat

Jenis atap rumah berupa genteng tanah liat mungkin yang paling banyak di gunakan oleh masyarakan Indonesia. Selain karena harga dari jenis atap rumah ini yang murah, genteng dari tanah liat pun sangat mudah kamu dapatkan. Bahkan ada pula wilayah di Indonesia sebagai penghasil dan juga produksi genteng tanah liat.

Kamu pun bisa melihat banyaknya rumah yang menggunakan genteng tanah liat untuk atap, mulai dari pedesaan hingga perkotaan. Jenis atap rumah dari genteng tanah liat ini pun memiliki berbagai model dan bentuk.

Hingga saat ini pun genteng masih menjadi pilihan untuk atap rumah. Hal ini karena bahan yang digunakan dari tanah liat, maka genteng pun termasuk jenis atap yang kuat. Selain itu, pemasangan genteng pun cukup mudah dilakukan dan juga aman terhadap serangan serangga.

Namun meskipun memiliki keunggulan, atap dari genteng pun ada kekurangannya juga. Meskipun mudah dalam pemasangannya, akan tetapi menggunakan genteng sebagai atap membutukan banyak kayu untuk kerangka. Selain itu, atap dari genteng tanah liat ini pun mudah berjamur dan berlumut jika kamu tidak menggunakan cat pelapis. Pada saat pemasangan pun membutuhkan ketelitian, agar tidak mudah melorot dan juga bocor.

Meskipun begitu harga dari genteng tanah liat pun cukup terjangkau. Harga dari genteng tanah liat ini sekitar Rp 2.750 per buah. Namun, harga ini tentu saja bisa berbeda tergantung dari merek genteng yang kamu gunakan dan juga toko bangunannya.

 

2. Atap dari genteng beton

Selain ada jenis atap rumah dari genteng tanah liat, ada pula atap genteng dari beton. Atap beton ini biasa digunakan pada rumah yang memiliki desain minimalis. Bahan atap ini di menggunakan beton yang di cetak hingga menyerupai genteng tanah liat.

Selain itu untuk kualitas dari atap genteng beton ini tak perlu dipertanyakan. Karena genteng dari beton ini tahan terhadap cuaca, serangan serangga maupun kebakaran. Selain itu, atap beton ini pun lebih estetik dan juga lebih kokoh.

Namun, jenis atap rumah dari genteng beton ini tentu saja lebih berat. Hal ini menyebabkan proses pemasangannya pun cukup lama dibanding genteng tanah liat. Selain itu harga dari atap genteng beton pun lebih mahal dibanding genteng tanah liat dan harganya pun cukup bervariasi tergantung merek serta kota kamu. Harga genteng beton ini berkisar Rp 7.000 untuk 1 buahnya.

 

3 dari 3 halaman

Harga atap rumah berbeda-beda, tergantung jenisnya

3. Atap dari asbes

Jenis atap rumah dari asbes ini tidak menyerap panas. Selain itu, pemasangan atap asbes ini pun cukup mudah. Hal ini karena bahan yang digunakan cukup ringan. Bentuk dari atap asbes ini pun sama dengan seng. Meskipun atap dari asbes ini termasuk mudah dipasang dan juga memiliki bahan yang ringan, akan tetapi bisa berisiko pada kesehatan.

Hal ini dikarenakan asbes sendiri mengandung karbon yang bisa dengan mudah terkelupas, sehingga bisa membuat kamu mengalami gangguan pernapasan. Selain itu, atap asbes ini pun sangat mudah pecah, sehingga saat pemasangan diperlukan kehati-hatian. Harga dari atap asbes ini pun tidak murah yaitu untuk ukuran 180 cm x 105 cm x 4 mm harganya bisa mencapai Rp 53.000.

4. Atap canopy

Atap ini biasa kamu temui untuk area teras rumah ataupun car port. Pemasangan dari atap canopy ini sendiri biasanya langsung dengan jas las yang ada. Menggunakan atap canopy ini tentu saja bisa membuat rumah kamu terlihat lebih manis.

Selain itu, kamu pun bisa memilih aneka warna untuk atap canopy rumah kamu. Menggunakan atap canopy pun bisa menguntungkan, karena memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Namun jika menggunaka atap canopy, saat hujan datang tentu saja akan berisik.

Harga dari atap canopy ini pun beragam tergantung dari kualitas yang dihadirkan. Namun, untuk harga canopy solarlite polycarbonate per buahnya bisa mencapai Rp 450 ribu.

 5. Atap genteng kaca

Sama seperti namanya, atap ini terbuat dari kaca, sehingga bisa digunakan pula sebagai ventilasi. Selain itu, jika kamu menggunakan atap kaca, maka bisa membantu untuk mengurangi kelembaban pada dinding.

Sehingga dinding rumah kamu pun tidak mudah berjamur. Tentu saja kamu tidak bisa menggunakan atap genteng kaca ini di seluruh rumah. Karena bisa jadi suhu udara pada rumah kamu akan menjadi panas, karena terlalu banyak cahaya matahari yang masuk.

Selain itu, genteng kaca pun sangat mudah pecah, sehingga saat pemasangan pun perlu kehati-hatian. Bukan itu saja, akan tetapi model dari genteng kaca pun sedikit dan cukup terbatas, jadi kamu tidak bisa memilih berbagai jenis model untuk atap rumah kamu.

Untuk harga dari genteng kaca ini memang lebih mahal dibandingkan genteng dari tanah liat maupun beton. Akan tetapi genteng kaca ini masih bisa dijangkau untuk mempercantik rumah kamu. Harga per buah dari genteng kaca ini berkisar Rp 32.450.

 

Loading