Sukses

Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Hitam, Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Menghilangkan bulu ketiak adalah hal yang lumrah dilakukan oleh wanita. Sebagai wanita, menghilangkan bulu ketiak tidak hanya untuk menjaga penampilan fisik tetap menarik, dengan menghilangkan bulu ketiak juga dapat mencegah bau badan yang tidak menyenangkan.

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukurnya. Beberapa metode cukur yang paling umum adalah menggunakan pisau cukur atau alat cukur listrik. Namun, mencukur terlalu sering akan menyebabkan warna gelap pada ketiak.

Jika dilakukan dengan benar, mencukur ketiak tidak akan menyebabkan hitamnya ketiak. Cara mencukur bulu ketiak merupakan langkah praktis untuk menghilangkan bulu ketiak. Berikut cara mencukur bulu ketiak agar tidak hitam yang dilansir Liputan6.com dari Pamper My, Kamis (28/2/2019)

2 dari 7 halaman

Pastikan kulit dalam keadaan lembab

Cara mencukur bulu ketiak agar tidak hitam selanjutnya adalah dengan menjaga kelembaban ketiak sebelum mencukur. Untuk memudahkan proses mencukur, ingatlah untuk membasahi kulit Anda dengan air.

Hal ini untuk mencegah kulit Anda dari iritasi dan luka yang tidak diinginkan. Hal ini karena jika kulit tergores oleh pisau cukur secara tidak sengaja, bekas luka dapat menyebabkan kulit gelap di bawah ketiak Anda.

3 dari 7 halaman

Oleskan gel cukur

Cara mencukur bulu ketiak agar tidak hitam adalah menggunakan gel khusus untuk mencukur. Gel pencukur mengandung manfaat pelembab yang dengan cepat memproses kelembaban ke rambut untuk melembutkan kulit Anda.

Dengan begitu pisau cukur akan mudah membersihkan bulu ketiak Anda. Selain itu, gel pencukur juga dapat membantu Anda menghilangkan bulu yang sulit dijangkau.

4 dari 7 halaman

Pakai pelembab setelah bercukur

Setiap perawatan hair removal akan membuat kulit ketiak Anda kering. Akibatnya, ketiak kering akan terlihat lebih gelap daripada ketiak yang terjaga kelembabannya. Karena itu, jangan lupa untuk mengenakan pelembab lembut untuk melembutkan ketiak Anda setelah selesai bercukur.

5 dari 7 halaman

Gunakan pisau cukur yang berkualitas

Ingatlah selalu untuk menggunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Pastikan untuk memeriksa kebersihan dan kelayakan pisau cukur Anda. Hindari juga menggunakan pisau cukur yang sama berkali-kali.

Kualitas pisau cukur yang buruk hanya akan membuat proses pencukuran tidak sempurna. Akibatnya Anda akan mendapatkan bekas hitam pada ketiak.

6 dari 7 halaman

Ganti pisau cukur secara teratur

Tidak aman untuk bercukur dengan pisau cukur yang berkarat. Karena itu, sebagai tindakan keamanan, ganti pisau cukur Anda setelah tiga atau empat kali penggunaan untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam.

Rambut tumbuh ke dalam adalah suatu kondisi di mana rambut ikal kembali atau tumbuh menyamping ke kulit. Rambut tumbuh ke dalam paling sering muncul di daerah-daerah di mana kulit dicukur atau di-wax dan bisa muncul di mana saja.

7 dari 7 halaman

Cara mencerahkan ketiak secara alami

Saat Anda terlanjur mendapati ketiak hitam akibat cara mencukur bulu ketiak yang salah, tak perlu cemas. Ketiak Anda dapat kembali cerah dengan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan.

Berikut cara mencerahkan ketiak secara alami dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019):

1. Menggunakan lemon dan madu murni

Selain berguna untuk kecantikan wajah, lemon juga berguna untuk mencerahkan kulit ketiak yang hitam akibat cara mencukur bulu ketiak yang salah.

Ambil irisan lemon dan gosokkan ke ketiak Anda sebelum mandi. Setelah itu, gunakan madu murni dan jus lemon dan oleskan pada ketiak. Madu murni sangat bagus dalam menghilangkan bintik-bintik hitam dan merupakan antibakteri.

Madu memiliki tingkat pH alami sekitar 4,5 hal ini dapat membuat ketiak menjadi lebih halus. Tambahkan pelembab setelah Anda membilas olesan lemon dan madu tersebut untuk melindungi ketiak Anda dari radiasi UV dan menjaganya agar tidak kering.

2. Menggunakan kentang

Jus yang dihasilkan oleh kentang merupakan pencerah kulit alami. Kentang mampu mencerahkan kulit kusam dan meningkatkan elastisitas kulit untuk meratakan warna kulit.

Anda dapat mengiris kentang dan menggosokkannya langsung pada ketiak Anda yang hitam. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab usai melakukan ritual ini.

3. Baking soda

Baking soda ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Ketiak yang hitam salah satunya disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati akibat cara mencukur bulu ketiak yang salah.

Anda dapat menggosokkan baking powder yang telah dicampur dengan air. Gosokkan hingga sel-sel kulit mati pada ketiak terangkat. Setelah itu bilas dengan air bersih. Selain mengangkat sel kulit mati, baking soda juga bisa mencegah bau pada ketiak, lho!

4. Yoghurt dan susu

Cara mencerahkan ketiak hitam lainnya adalah dengan menggunakan yoghurt dan susu. Kandungan asam laktat pada yoghurt dan susu berfungsi sebagai pemutih dan penghalus alami kulit.

Caranya, campurkan 2-3 sendok yoghurt dan 3-4 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada ketiak dan diamkan selama lebih kurang 40-60 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.