Sukses

Rambut Beruban di Usia Muda, Kaum Perempuan Tetap Nikmati Hidup Lewat Gombre

Melalui komunitas Grombre, para perempuan muda yang sudah beruban bisa mengekspresikan diri mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Punya rambut beruban identik dengan usia tua. Tapi bagaimana bila uban sudah tumbuh di rambut di usia seeorang yang masih muda dan dialami kaum perempuan?

Mungkin akan banyak yang menilai kalau perempuan terebut mempunyai kelainan terutama dalam hal pertumbuhan rambut mereka. Uban memang tidak hanya ada pada orang yang sudah tua aja. Banyak pria maupun perempuan yang masih muda tapi sudah ditumbuhi uban. Banyak faktor penyebab uban di usia muda. Misalnya saja faktor genetik, psikologis, atau ketidak seimbangan hormon.

Hal tersebut membuat sebagian orang, terutama perempuan merasa kuranag percaya diri atau bahkn merasa malu. Mereka ada yang memilih untuk menutupinya dengan menggunakan cat rambut warna gelap. Meski begitu tak semua perempuan seperti itu.

Dilansir dari laman Click Orlando pada 14 Januari 2019, sejumlah perempuan di Amerika Serikat tidak merasa minder dengan ubannya. Mereka justru bangga menunjukkan dan mengekspresikan diri mereka, di antaranya lewat media sosial seperti mereka yang tergabung dalam komunitas Grombre.

Mereka yang tergabung dalam komunitas ini sebagian besar berumur 20 sampai 30-an tahun. Seperti terlihat di akun Instagram ‘ajplus’ pada 31 Januari 2019, Gombre digagas oleh Martha Turslow Smith seorang desainer grafis asal Carolina Utara yang sudah mempuyai uban sejak usia 14 tahun.

Pada Juli 2016, Martha membuat komunitas Grombre untuk mengajak perempuan lainnya tetap menikmati hidup tanpa harus merasa malu atau rendah diri dengan rambut beruban.

Para perempuan muda di komunitas tersebut tetap tampil percaya diri dengan membiarkan uban tumbuh berdampingan dengan rambut hitam mereka. Salah satunya adalah pemilk akun Instagram @silv3rtina. Perempuan berusia 30-an tahun ini tak sungkan menguggah foto-foto dirinya dengan rambutnya yang sudah beruban tapi tetap terlihat percaya diri.

Lalu masih banyak lagi perempuan muda dengan rambut beruban yang membagikan pengalaman maupun menunjukkan ekspresi diri mereka melalui komunitas Gombre.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.