Sukses

6 Pulau Indah di Kepulauan Seribu yang Termasuk dalam 10 Bali Baru

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta tak hanya menawarkan kehidupan kota yang gemerlap dan modern. Ibu kota Republik Indonesia ini juga memiliki kawasan wisata bahari berkelas internasional yang masih asri dan eksotis, yakni di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Kawasan itu yang menawarkan hamparan biru lautan yang alami. Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta, adalah satu-satunya kabupaten yang berada di wilayah administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu bersama Kota Tua, termasuk dalam 10 Destinasi Wisata Prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’ oleh Kementerian Pariwisata. Kalau Anda ingin beristirahat sejenak dari kehidupan perkotaan, tak ada salahnya berwisata ke tempat yang lebih tenang dan menyajikan keindahan alam.

Dilansir dari buku 'Rekreasi Jakarta' terbitan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, dari sekian banyak pulau yang ada, berikut ada enam pulau indah di Kepulauan Seribu yang bisa menjadi alternatif tempat liburan menjelang Tahun Baru 2019.

Pulau Macan

Pulau Macan menawarkan pengalaman ramah lingkungan bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Tempat ini menggunakan konsep destinasi wisata ramah lingkungan dengan mengatur aspek manajemen limbah, sumber energi cerdas, sampai kepada aspek pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Dengan pasir putih dan lautan jernih, Pulau Macan menawarkan pengalaman berlibur yang tak akan terlupakan.

Pulau Ayer

Salah satu pulau yang mempunyai banyak resor berkelas adalah Pulau Ayer. Tempat ini menawarkan fasilitas penginapan eksklusif pada para pengunjung dengan arsitektur unik yang bernuansa rumah tradisional berbagai Provinsi di Indonesia.

Pulau Ayer yang berlokasi di Kepulauan Seribu ini ternyata pernah menjadi destinasi berlibur Presiden Pertama RI, Sukarno.

2 dari 3 halaman

Pulau Harapan

Yang paling dikenal dari Pulau Harapan adalah terumbu karang yang menawarkan pengalaman menyelam di lautan lepas. Lautan dangkal di Pulau Harapan termasuk lokasi sempurna untuk snorkeling.

Kita juga bisa memandang elang bondol yang banyak menjadikan kawasan wisata di Kepulauan Seribu ini sebagai habitat spesies ini.

Pulau Puteri

Ada banyak tempat wisata dan fasilitas yang bisa kita sambangi di Pulau Puteri. Ada akuarium ikan hias, biawak di kebun binatang mini, lapangan tenis dan masih banyak lagi.

Pulau Puteri termasuk tempat ideal untuk berenang. Lalu, ada fasilitas rekreasi seperti Glass Bottom Boat dan Sunset Cruise di perairan yang jernih dan pemandangan alam yang menawan. Di sini juga ada sejumlah cottage dan gedung pertemuan.

3 dari 3 halaman

Pulau Tidung

Pulau Tidung termasuk pulau paling terkenal di Kepulauan Seribu. Yang paling diingat dari tempat ini mungkin adalah jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Selain menjadi objek berfoto, banyak pengunjung yang terjun dari jembatan ini untuk langsung berenang di laut.

Pulau Pari

Salah satu pulau paling bersih dan alami di Kepulauan Seribu adalah Pulau Pari. Karena itu pulau ini jadi spot favorit untuk diving.

Pulau Pari juga mempunyai hutan mangrove yang menjadi pusat penelitian oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Diberi nama Pulau Pari karena di wilayah laut dangkal di tempat ini banyak terdapat ikan Pari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Anak Berkebutuhan Khusus Diduga Dianiaya Wali Kelas

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Turis Asing Masih Ramai, meski Ada Gempa dan Tsunami di RI
Artikel Selanjutnya
Sampah Plastik Ditemukan pada Mulut Penyu Mati di Pulau Pari