Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Mencari Lowongan Kerja

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan lebih.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan dunia kerja yang semakin ketat mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan lebih. Maka dari itu, dalam mencari lowongan kerja, tentunya Anda tidak bisa asal melamar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dengan mempersiapkan strategi sebelum mencari lowongan kerja, Anda bisa memprediksikan hasil. Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Simak di bawah ini.

Cari Lowongan Kerja yang Sesuai Minat

Dalam mencari lowongan kerja, ada baiknya Anda mencari jenis pekerjaan yang memang sesuai dengan minat. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah memahami job desc yang mereka berikan. Kemudian Anda juga sudah familiar atau bahkan berpengalaman di bidang tersebut.

Latih Soft Skill Anda

Untuk mencari lowongan kerja, bukan hanya memerlukan hard skill namun juga perlu soft skill. Kegunaan soft skill adalah untuk menarik perhatian perekrut.

Sebagai contoh, soft skill sendiri yaitu, dapat melakukan presentasi, atau berkomunikasi dalam tim. Ron Peterson, kepala cabang di Bradford & Galt mengatakan bahwa hal-hal seperti itu akan menarik perusahaan.

Jaga Reputasi di Media Sosial

Tidak banyak yang mengetahui bahwa media sosial sering dijadikan bahan pertimbangan bagi perekrut. Biasanya seorang karyawan mengeluh tentang bos mereka di media sosial.

Hal tersebut memang bisa saja tidak membahayakan Anda di tempat kerja yang dulu. Tapi jika perusahaan tempat Anda melamar mengecek media sosial Anda, hal ini dapat jadi masalah.

Jadi, ada baiknya Anda menjaga reputasi di media sosial. Terutama jika Anda berencana mencari lowongan kerja.

Gunakan Situs Pencarian Kerja

Menggunakan situs pencarian kerja merupakan hal yang membantu saat Anda mencari lowongan kerja.

Pasalnya, Anda tidak perlu repot mengirim CV ke berbagai perusahaan. Anda hanya harus mengunggah CV Anda dan mengirim lamaran ke perusahaan impian via situs tersebut.

Di Indonesia sendiri sudah banyak situs pencarian kerja. Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan situs pencarian kerja. Pilih situs yang memang terpercaya. Glints adalah salah satu situs pencarian kerja yang bisa jadi pilihan Anda dalam mencari lowongan kerja.

Cari Tahu Dari Orang yang Berpengalaman

Dalam mencari lowongan pekerjaan, Anda bisa juga bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman. Dengan begitu, Anda mendapat insight mengenai cara melamar lowongan kerja. Atau bahkan Anda bisa mendapat info lowongan kerja di perusahaan tempat mereka bekerja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencari kerja!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.