Sukses

Sejarah Yoghurt Bulgaria yang Disebut Terlezat di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Yogurt Bulgaria dikenal di seluruh dunia karena kualitas rasanya yang lezat. Bagi orang-orang Bulgaria, yogurt adalah bagian dari menu sehari-hari mereka yang selalu hadir di meja.

Orang-orang Bulgaria menggunakan yogurt untuk membuat banyak hidangan, seperti untuk sup, salad, makanan penutup, garnish. Apa yang menyebabkan yogurt negara kecil di semenanjung Balkan ini paling lezat di dunia?

Dikutip dari visitmybulgaria.com, Rabu, 12 Desembe 2018, alasannya terletak pada bakteri kecil yang sering disebut Lactobacillus bulgaricus. Ini menyebabkan fermentasi susu dan rasanya yang luar biasa. Penemunya adalah bakteriolog Bulgaria Stamen Grigorov.

Stamen Grigorov lahir di desa Studen Izvor di daerah Tran pada 1878. Tanah Air Grigorov - wilayah Tran, terkenal karena yogurtnya yang lezat. Sejak kecil, Grigorov sangat tertarik pada alam dan sains, dan para guru di sekolah sangat terkesan oleh kemudahan muridnya itu dalam menyerap materi pelajaran.

Profesor itu terkesan oleh pemuda Bulgaria itu dan membiarkannya, dan dia bahkan menunjuknya sebagai asistennya. Ini adalah peluang besar bagi Grigorov karena itu memberinya akses ke laboratorium profesor, yang merupakan salah satu laboratorium terlengkap terbaik pada masanya.

Di sana dia membuat penemuan terbesarnya. Pada waktu itu - sekitar awal abad ke-20, tujuan Stamen Grigorov adalah memahami mikro organisme yang yang menyebabkan fermentasi susu.

Pada saat yang sama, atas prakarsa Institut Pasteur di Paris, yang direkturnya adalah ahli bakteri emigran dari Rusia, Ilya Ilyich Mechnikov, sebuah survei dilakukan di seluruh dunia tentang jumlah centenarian dan bagian mereka dari populasi masing- masing negara.

Ternyata, sebagian besar centenarian tinggal di Bulgaria. Secara logika, Mechnikov menyimpulkan bahwa penyebab umur panjang mereka terletak karena mengonsumsi yogurt Bulgaria tiap hari.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Yogurt

Untuk membuat yoghurt di rumah, Anda perlu menyiapkan susu dan beberapa yogurt untuk fermentasi. Satu sendok makan yogurt akan cukup untuk satu liter susu.

- Rebus susu terlebih dahulu dan biarkan dingin hingga suhu sekitar 42-45 ° C.

- Tuangkan susu rebus ke dalam panci, sisakan sekitar 50 gram.

- Siapkan fermentasi di mangkuk kecil lainnya. Campurkan yogurt dengan sisa susu dan aduk.

- Tambahkan fermentasi ke susu hangat dan aduk.

- Tutup wadah dengan kain untuk menjaga panas dan biarkan selama 3-4 jam, cek tiap saat.

- Keluarkan handuk dan biarkan susu menjadi dingin setelah Anda memastikan bahwa susu telah difermentasi

Susu tidak boleh difermentasi lebih lama, karena akan menjadi terlalu asam dan tak akan memiliki rasa yang sedap.

Yoghurt siap dikonsumsi langsung atau dapat dimasukkan dalam makanan lain - tarator (sup mentimun), salad, buttermilk, makanan penutup. Susu memiliki kualitas rasa terbaik ketika dingin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading