Sukses

4 Alternatif Beli Tiket Kereta Api untuk Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta Menjelang liburan akhir tahun, tiket kereta api untuk berbagai kota tujuan wisata favorit selalu habis terjual sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini wajar, sebab kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi andalan masyarakat Indonesia. Jumlah penggunanya bahkan selalu mengalami kenaikan setiap tahun seiring membaiknya pelayanan kereta api.

Dengan semakin banyaknya peminat, bagaimanakah cara tepat untuk beli tiket kereta api? Saat ini, telah tersedia banyak cara untuk mendapatkannya. Berikut 4 alternatif yang Anda lakukan untuk mendapatkan tiket kereta api dengan mudah, cepat, dan aman:

Beli tiket di loket stasiun

Cara pertama adalah dengan mendatangi stasiun kereta api terdekat. Anda dapat langsung melakukan transaksi di loket stasiun atau menggunakan fasilitas penjual tiket otomatis (vending machine) untuk mendapatkan tiket kereta api dengan rute yang diinginkan. Meski harus rela antre, melakukan pembelian secara konvensional dinilai lebih aman bagi sebagian orang. Lagipula, hingga saat ini memesan tiket di stasiun menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan tiket kereta api jarak dekat atau lokal berbagai rute.

Reservasi online di situs web PT KAI

Bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk membeli tiket langsung di stasiun, sekarang Anda bisa memesannya secara online di situs resmi PT KAI. Cara ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin melakukan pembelian tiket dengan cepat dan mudah, langsung dari gawai pribadi. Bahkan, dengan sistem online hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehabisan tiket bisa dihindari.

Gunakan aplikasi online travel agent

Selain situs resmi PT KAI, layanan reservasi tiket kereta api juga bisa didapatkan melalui saluran eksternal online lainnya. Dari semua cara pemesanan tiket, online travel agent (OTA) masih menjadi alternatif favorit masyarakat modern karena lebih cepat dan fleksibel.

Salah satu OTA yang direkomendasikan adalah Traveloka. Baik lewat situs web atau aplikasi, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan berupa pilihan rute lengkap, harga terjangkau, jaminan keamanan, serta kemudahan pemesanan. Yang paling menguntungkan, Anda bisa memanfaatkan berbagai promo menarik untuk mendapatkan tiket murah.

Berburu ke travel fair

Terakhir, tak ada salahnya mengunjungi pameran wisata atau travel fair untuk mencari tiket kereta api dengan cepat dan murah. Sama seperti pameran pada umumnya, Anda bisa leluasa memanfaatkan pesta diskon untuk mendapatkan tiket kereta api dengan harga terbaik. Anda pun tak perlu khawatir kehabisan tiket atau berebut dengan pengunjung lain, sebab pameran wisata selalu menyediakan jumlah tiket khusus yang terpisah dari sistem online dan offline.

Itulah empat cara untuk beli tiket kereta api untuk liburan, terlebih di momen puncaknya. Oleh karena itu, pastikan Anda coba berbagai alternatif di atas supaya rencana liburan akhir tahun bisa terwujudkan dengan mudah, murah, dan cepat. Bagaimana, Anda siap mewujudkan liburan akhir tahun yang menyenangkan?

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
5 Tips Hemat Libur Akhir Tahun dengan Rental Mobil di Jogja
Artikel Selanjutnya
Pameran Tak Biasa Traveloka Travel and Lifestyle Fair 2018 Digelar di Jakarta