Sukses

4 Trik Hemat di Tanggal Tua, Apa Saja?

Berikut ini 4 trik untuk tetap hemat di tanggal tua, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hemat tidak menjadi jaminan masih ada gaji yang tersisa hingga akhir bulan. Hal penting yang perlu dicermati menuju tanggal tua adalah dengan mengatur pengeluaran sebaik mungkin.

Perlu diketahui, hemat tidak melulu soal menyiksa diri, tetapi berhemat semestinya tidak menghalangi kebahagiaan Anda. Maka dari itu, Anda wajib bijaksana menghindari sekarat hingga gajian tiba. Simak 4 triknya berikut ini.

1. Bijak Memakai Kartu Debit

Sulit dipungkiri, kartu debit mempermudah dalam hal pembayaran. Maka dari itu, Anda harus bijaksana dengan tak selalu memakai kartu debit dalam berbagai transaksi untuk mengatur pengeluaran.

2. Bawa Uang Tunai Seperlunya

Mempersiapkan uang tunai secukupnya wajib Anda perhatikan. Langkah ini menghindari membeli barang-barang yang tidak terlalu penting dan harus mendahulukan kebutuhan.

3. Susun Uang Rapi

Menyusun uang berdasarkan nominal di dompet dapat mempermudah Anda menghitung jumlah uang yang ada. Trik ini juga dapat membuat Anda mengetahui jumlah uang yang digunakan.

4. Sedia Uang Logam

Uang logam ternyata memiliki peran yang cukup membantu dalam menghemat pengeluaran. Uang logam yang diletakan terpisah dari dompet mempermudah Anda saat belanja. (Ayu Puji Lestari)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.