Sukses

Tips Memilih Makanan ala Chiki Fawzi Saat Traveling ke Negeri Minoritas Muslim

Ayam ternyata belum tentu bisa Anda makan. Coba simak tips memilih makanan saat pergi ke negara minoritas Muslim ala Chiki Fawzi.

Liputan6.com, Jakarta - Dari India, Nepal, sampai Spanyol, semua sudah disambangi Chiki Fawzi. Negara-negara minoritas muslim itu telah memberi banyak pelajaran bagi perempuan 29 tahun tersebut perihal melakoni traveling.

Satu di antara banyak hal yang jadi perhatian adalah bagaimana memilih makanan halal di negara-negara tersebut. Ini pula yang sering jadi kekhawatiran Anda ketika bepergian ke luar negeri? Makanannya halal nggak ya? Bagaimana ya caranya supaya tetap menjaga akidah tanpa mengorbankan kesenangan perjalanan?

Eits, tenang saja. Chiki Fawzi punya tips bagaimana menyiasati makanan di negara-negara minoritas muslim. "Betul makannya mesti hari-hati. Aku sendiri kalau nggak sayur ya cari seafood. Ikan-ikanan aman lah ya," tuturnya saat dijumpai usia mengisi acara di Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018, Kamis, 1 November 2018.

"Ayam kan kita juga nggak tahu bagaimana dipotongnya. Nanti tahu-tahunya pakai mesin. Kan ngeri juga ya karena kita nggak tahu. Kalau India sendiri lebih banyak amannya karena di sana kan banyak vegetarian. Walau karinya agak aduhai, tapi masih okay," sambungnya.

Chiki menambahkan, bagi perempuan berhijab seperti dirinya, orang di negara tersebut sudah lebih aware dan memperingatkan bila makanan tersebut tak halal. Bahkan, ketika menyentuh apa-apa yang tergolong haram.

"Misalnya kayak waktu aku lagi di Spanyol, tiba-tiba mau lihat tas lucu gitu, kan. Terus yang jual bilang, 'Don't touch that! It's pig skin'. Aku terharu sih mereka sebegitu menjaga aku," kata Chiki Fawzi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.