Sukses

4 Trik Cerdas Mengelola dan Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan pekerjaan bukanlah mudah di jaman sekarang. Meski terdapat ribuan lowongan pekerjaan yang bisa Anda temui di situs tertentu, bukan berarti bisa mendapatkan pekerjaan tersebut dengan mudah.

Ketika hendak melamar pekerjaan, Anda cenderung mengirim surat lamaran beserta CV ke berbagai lowongan pekerjaan yang ada. Namun tidak semua lowongan yang Anda isi memberikan respon sesuai yang Anda harapkan.

Untuk itu, diperlukan cara yang sistematis dan terorganisir untuk mencari pekerjaan. Sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut.

2 dari 3 halaman

1 Tentukan tujuan karier

Tentukan apa sebenarnya yang menjadi tujuan Anda berkarier. Apakah mendapat pengalaman atau membangun kredibilitas. Tentukan juga tujuan jangka pendek sehingga Anda dapat mengajukan lamaran untuk pekerjaan yang tepat.

2. Visualisasikan perusahaan ideal

Meski Anda sedang membutuhkan pekerjaan, bukan berarti Anda tidak menggambarkan seperti apa perusahaan yang ideal. Anda perlu tentukan perusahaan seperti apa yang cocok dengan Anda. Dari segi teknis pekerjaan hingga budaya kerjanya.

Bekerja dengan rekan kerja yang berpikiran sama akan mudah membuat Anda terinspirasi dan termotivasi dalam melakukan pekerjaan. Sesuaikan karakter perusahaan yang cocok dengan kepribadian dan cara Anda bekerja.

3 dari 3 halaman

3. Mencari tahu latar belakang perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan, penting untuk mencari tahu tentang kinerja perusahaan, kultur, sepak terjang perusahaan tersebut. Di sini Anda harus mencari ulasan orang lain seputar perusahaan.

4. Mencari kerja dengan cara yang cerdas

Mulailah melamar pekerjaan secara online dengan membuat daftar yang harus diperiksa dari perusahaan dan pekerjaan itu sendiri. Anda bisa meneliti budaya perusahaan melalui ulasan di online, obrolan di media sosial, hingga forum online. Sesudah itu, siapkan resuma dengan surat lamaran. Terakhir, cari tahu nama perekrut.

Sebenarnya cukup mudah mencari pekerjaan jika menggunakan metode yang tepat. Selamat mencoba ya!

Artikel Selanjutnya
Lowongan Kerja Bergaji Rp 6 Juta Viral, Syaratnya Bikin Heran
Artikel Selanjutnya
Hal Ini Bisa Meningkatkan Kemungkinanmu Diterima Saat Wawancara Kerja